Bogorgate – Ngomongin soal wisata, ada satu pasar yang saat ini menjadi pilihan warga Bogor dan sekitarnya khususnya di Cibinong, untuk wisata belanja mencari berbagai bahan kain, sprei maupun pakaian bermerek namun harganya cukup miring dan hemat di kantong. Namanya Pasar Anggada atau di komplek pertokoan Ruko Anggada Indah disingkat RAI.

Letaknya ada di Jln. Raya Mayor Oking No. 9 Kota Bogor Jawa Barat. Sesekali coba datengin deh kalau lagi pas liburan di Bogor. Disini tuh banyak sekali toko-toko yang menjual keperluan dengan system grosir maupun satuan.

Dulunya pasar ini hanya barisan ruko saja, namun karena banyaknya pembeli akhirnya dibuatlah komplek yang lebih luas yang di tata rapi sampai ke dalam. Tempat juga luas jadi kita cukup puas kalau mau hunting apapun disini. Terdapat foodcourt dan berbagai fasilitas lengkap lainnya, mushola, parkir untuk puluhan motor ataupun mobil. Mungkin sedikit mirip-mirip seperti pasar Uler di Jakarta sana.

Yang menarik, disini juga banyak menjual barang-barang stock lot garment, baju-baju branded original yang bisa kita beli dengan harga murah, atau setengah harga dari aslinya. Dari kebutuhan untuk anak-anak sampai dewasa. Kebetulan karena di depan ruko atau sekitar pasar Anggada ini memang ada banyak pabrik garment. Jadi, mungkin semua sisa-sisa exportnya langsung di distribusikan ke toko-toko yang ada di disitu.

Buat yang suka belanja baju di FO yang harganya nggak bisa ditawar, pilihan baik nih kalau ke Anggada, karena disini memang tempatnya pakaian dengan merek-merek terkenal. Bayangin, kalau kita beli baju bermerek di Mall atau FO, satu baju bisa mencapai harga 200an atau lebih, tapi disini kita bisa dapat separuh harganya, bisa ditawar pula. Apalagi kalau kita sedang butuh bahan untuk dijahit.

Untuk bahan-bahan kain seperti keperluan kerja atau pesta, perlengkapan sehari-hari seperti handuk, sprei, bantal bisa kita temukan disini, sistem penjualan bisa grosir maupun kilon bahkan satuan. Jatuhnya lebih murah, saya sendiri kalau beli handuk 50 ribu bisa dapat 3 potong. Karena sekilo harganya sekitar 50-60 ribu.

Jangan khawatir untuk kualitas, karena dari pengalaman saya, bahannya bagus dan awet dipakai. Walaupun murah tapi nggak murahan. Karena keluarga saya sangat sering bahkan menjadi tempat favorit untuk mencari pakaian kerja, kemeja-kemeja brandednya murah. Gamis-gamis cantik harganya Cuma seratus ribuan.

Oh ya, kalau mau kesini tuh gampang banget, karena tempatnya sudah sangat dikenal warga, dari beberapa tahun lalu. Transportasi lancar 24 jam, tapi Pasar Anggadanya sendiri buka dari jam 10 sampai jam 5 sore. Dari Bogor Kota bisa naik transportasi umum, angkot 08 jurusan Citeureup – Pasar Anyar setelah Rumah Sakit Medika sebelum pintu tol jagorawi. Kalau bawa kendaraan sendiri bisa lewat tol, lebih deket. Dari Jakarta bisa lewat tol maupun jalan raya Bogor.

Oh, ya, kalau bosen berbelanja banyak juga tempat wisata di Bogor yang bisa kita kunjungi disekitarnya. Salah satunya Danau Dora atau Setu Cikaret. Kalau mau sedikit yang lebih beragam, bisa ke Pasir Mukti di daerah Citeurep. Soal kuliner, bisa mampir di Kedai Mie Janda Mayor Oking, atau nyoba Mie Bihun Bebek yang tidak jauh dari situ. (*)