Seiring dengan perkembangan zaman serta tekhnologi, segala sesuatu dapat kita lakukan dengan mudah dan cepat. Termasuk salah satunya yaitu Anda bisa melakukan segala macam bentuk transaksi secara online. Salah satunya yaitu pembelian tiket kereta api. Pada zaman dulu jika Anda akan menggunakan kereta sebagai transportasi Anda saat akan bepergian maka Anda harus beli tiket kereta api  tersebut dengan datang langsung ke stasiun.

Tapi untuk saat ini jika Anda akan menggunakan kereta api saat bepergian, Anda dengan mudah untuk bisa mendapatkan tiket kereta tersebut tanpa harus datang langsung ke stasiun. Anda bisa melakukannya dengan atau lewat cara online. Dengan cara online inilah Anda bisa melakukan pembelian tiket kereta dimana saja dan kapan saja.

Mungkin memang dalam pembelian tiket kereta secara online akan terjadi beberapa kendala yang akan membuat Anda kesulitan untuk bisa memesan tiket secara online, Anda juga bisa datang langsung ke stasiun tempat penjualan tiket kereta api. Akan tetapi bagi Anda yang memang belum pernah tahu tentang bagaimana caranya untuk beli tiket kereta api secara langsung di stasiun mungkin juga akan bingung bagaimana caranya serta apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk dapat membeli tiket KA secara langsung di stasiun.

Berikut adalah tips dan cara mudah serta sederhana untuk membeli tiket KA di stasiun:

  • Persiapkan kartu identitas Anda yang masih berlaku. Kartu identitas ini diperlukan untuk mengisi formulir pembelian tiket yang harus Anda isi secara tepat dan benar sesuai dengan kartu identitas Anda tersebut.
  • Untuk satu formulir biasanya dapat digunakan untuk memesan maksimal empat buah tiket kereta api.
  • Bawalah perlengkapan sendiri seperti bolpoin sehingga Anda tidak perlu antri untuk menunggu bolpoin yang masih dipakai oleh orang lain.
  • Setelah Anda mengisi dengan lengkap formulir pemesanan Anda tadi sesuai dengan kartu identitas yang Anda bawa, pastikan bahwa semua sudah benar dan jangan lupa untuk mencantumkan nomor HP atau telepon Anda. Jika semua sudah benar maka Anda tinggal mengantri untuk membeli tiket kereta di loket pembelian tiket yang sudah disediakan oleh PT. KAI.

Dahulu saat Anda ingin memesan tiket di stasiun memang tidak memerlukan berbagai syarat seperti sekarang ini. Anda cukup datang langsung ke stasiun dan kemudian di stasiun Anda akan langsung dilayani oleh petugas. Hal ini tentunya juga sangat berbeda dengan sekarang. Saat ini jika Anda akan memesan tiket kereta api di stasiun Anda diharapkan untuk mengisi formulir terlebih dahulu, karena hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan yang disediakan oleh PT. KAI untuk masyarakat yang akan bepergian dengan menggunakan transportasi kereta api.

Bepergian dengan menggunakan kereta api memang masih sangat menjadi favorit banyak masyarakat Indonesia sampai saat ini. Hal ini juga dipengaruhi oleh mutu pelayanan yang diberikan oleh PT. KAI kepada para pengguna kereta yang semakin bagus. Kereta merupakan salah satu transportasi yang nyaman untuk digunakan. Apalagi saat musim lebaran atau liburan panjang, dengan menggunakan kereta tentunya juga akan menghindarkan Anda dari macet di tengah jalan yang nantinya juga akan membuat Anda capek di tengah perjalanan. Oleh karena semakin banyaknya para pengguna kereta api, maka bagi Anda yang ingin menggunakan jasa kereta api, terlebih dahulu Anda harus beli tiket kereta api jauh-jauh hari untuk menghindarkan Anda dari kehabisan tiket.