Semua pasti setuju, bila dapur rapi dan bersih selain enak dilihat, juga membuat kita lebih bergairah dalam beraktifitas didalamnya. Pun sebaliknya, saat dapur berantakan dan kotor kita jadi malas dan sumpek. Untuk itu, membuat dapur yang bersih, dengan aneka perabotan tertata rapi, merupakan suatu keharusan.

Nah untuk itu, pada kesempatan ini kami akan membagikan tips bagaimana menata aneka peralatan di dapur rumah dengan mudah dan rapi, supaya kita bisa nyaman berada didalamnya.

  • Bagi Dapur Menjadi Beberapa Area

Supaya aneka peralatan di dapur Anda lebih terorganisir sehingga memudahkan Anda untuk mencari saat membutuhkannya, maka Anda bisa memulai penataan dapur ini dengan membaginya menjadi beberapa area, antara lain area untuk menyimpan peralatan makan, area untuk memasak dan memotong bahan makanan, area wastafel untuk mencuci piring atau bahan masakan.

Selain itu jika memang dapur Anda juga memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan di dapur, Anda bisa menyediakan bagian khusus untuk itu, seperti misalnya peralatan untuk berkebun, dan sejenisnya.

  • Pindahkan Peralatan Makan Anda

Tips yang kedua adalah memindahkan peralatan makan. Maksudnya adalah jika di ruang dapur Anda ada rak dan ada lemari penyimpanan barang sekaligus, sebaiknya Anda pilih salah satunya saja dan singkirkan yang lainnya. Ini akan membantu dapur Anda terasa lebih lapang.

Selain itu, sebaiknya Anda pilih lagi beberapa peralatan Anda, baik itu peralatan memasak ataupun peralatan makan. Mana yang sekiranya, sering digunakan dan mana yang jarang dan bahkan tak pernah digunakan. Untuk peralatan yang jarang digunakan sebaiknya masukkan kedalam lemari, atau jika perlu masukkan kardus dan taruh digudang.

Untuk berbagai peralatan yang ukurannya kecil seperti parut, pisau, sendok atau garpu, Anda bisa meletakkannya di laci di bawah meja. Sedangkan untuk peralatan masak yang sering dipakai, Anda bisa memanfaatkan dinding dapur untuk menyimpannya dengan cara digantungkan secara vertikal.

  • Buat Area Khusus untuk Sampah

Nah, untuk mendukung kebersihan dapur Anda, Anda bisa sekalian menyiapkan sebuah area khusus untuk meletakkan tempat sampah. Lumrahnya, tempat sampah ini ada di di dekat wastafel dan pastikan jauh dari tempat penyimpanan makanan ya. Jangan lupa juga untuk menyediakan kain lap bersih untuk mengelap tangan dan kain lap biasa untuk membersihkan area kotor di dekat wastafel.

Selain menyediakan area khusus untuk tempat sampah, sebaiknya Anda juga menyediakan area khusus untuk meniriskan peralatan yang baru selesai dicuci di dekat wastafel. Ini akan berguna untuk mengeringkan peralatan Anda setelah dicuci sebelum peralatan tersebut kemudian disimpan.

 

  1. Customize Kitchen Cabinet

Oke, sekarang jika Anda lebih tertarik dengan customize kitchen cabinet, Anda bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Tentukan barang-barang yang hendap disimpan lalu bandingkan ukurannya dengan kitchen cabinet Anda
  2. Untuk barang yang sering dipakai, sebaiknya Anda mentimpannya di tempat yang mudah untuk Anda jangkau
  3. Untuk barang yang jarang dipakai, Anda bisa meletakkannya di bagian atas supaya bagian-bagian di bawahnya bisa Anda isi dengan peralatan lain yang lebih dibutuhkan untuk sehari-hari

Bagaimana tidak terlalu sulit bukan, untuk menciptakan suasana dapur yang bersih dan ideal? Jadi hal utama yang harus diperhatikan adalah terkait penataan peralatan di dapur yang benar. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya..