Bogorgate.com – Berkunjung ke sebuah online shop Indonesia sudah tentu dengan maksud untuk membeli suatu produk yang memang dibutuhkan. Aktivitas belanja di dunia maya isa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan namun tidak terlalu melelahkan. Bagi mereka yang menyukai seni dalam berbelanja sudah tentu sangat menikmati setiap moment melihat koleksi setiap toko. Dunia maya menawarkan cara menjelajahi setiap toko dengan lebih mudah yakni cukup dengan menggerakkan jari-jari tangan saja.

Fasilitas yang mempermudah ini ternyata oleh sebagian kecil orang menjadi jembatan untuk belanja lebih boros. Sebab setelah produk yang diinginkan ditemukan, dengan mudah bisa melihat produk lain dari jenis yang sama atau berbeda. Keinginan untuk memilikinya juga bisa jadi sangat besar dan pada akhirnya berbelanja produk diluar yang dibutuhkan tadi. Jika sudah terbiasa maka transaksi belanja secara kumulatif di akhir bulan akan mudah membengkak. Diperlukan kiat tersendiri untuk bisa membuat belanja online senantiasa ramah bagi keuangan.

Mengendalikan keinginan untuk belanja lebih banyak memang membutuhkan trik tersendiri sebab godaannya memang lebih besar. Trik yang tergolong mudah berikut ini bisa dicoba:

  1. Bersosialisasi di dunia nyata,

Terlalu sering bergerak dan bergerilya di dunia maya akan membuat hasrat belanja membludak, maka usahakan mengurangi intensitas kegiatan tersebut. Solusinya ialah dengan mencoba melakukan sosialisasi dengan orang sekitar Kita di dunia nyata. Tidak harus dengan teman-teman yang beda rumah saja namun bisa juga bersama dengan keluarga sehingga terhindar dari keinginan membuka online shop Indonesia langganan.

  1. Membuat rekening yang tidak bisa diambil kapan saja,

Cara termudah untuk menekan nilai belanja selama sebulan ialah dengan memasukkan sebagian uang jajan ke rekening yang aman. Artinya rekening tersebut tidak bisa diambil kapan saja, baik melalui kartu debit maupun datang ke teller bank. Cara ini secara otomatis akan memangkas uang jajan namun dialihkan kepada sektor lebih menguntungkan, yakni tabungan. Cara ini memang sedikit memaksa namun hasilnya memang akan jauh lebih dirasakan manfaatnya dibandingkan membuka rekening biasa. Perlahan kebiasaan belanja yang tidak terkontrol bisa dihapus dan menjadi lebih ramah bagi situasi keuangan nantinya.

  1. Memilih teman yang mengajak berhemat,

Ada banyak orang di dekat Kita yang memiliki pola konsumtif yang sehat, dan beberapa bisa memiliki banyak uang di usia yang masih muda. Mendekati mereka dan mencoba mengkopi ilmu mereka dalam mengelola keuangan dan keinginan belanja bisa dilakukan. Bergaul dengan siapapun pada dasarnya akan mempengaruhi cara berpikir dan tindakan Kita. Selama Kita bisa memilih teman yang bisa mengatur keinginan belanja di online shop Indonesia maka hal yang sama pun bisa terjadi pada diri sendiri. Cara ini tidak murni memanfaatkan sebab selama Kita menghargai teman Kita tersebut maka hubungannya adalah pertemanan yang sehat. (ads)