Rice cooker merupakan mesin penanak nasi yang praktis dan mudah digunakan. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat mesin penanak nasi ini semakin berkembang. Sekarang ini sudah banyak merek-merek mesin penanak nasi yang menghadirkan penanak nasi modern yang canggih dengan banyak fungsi. Nah, bagi Anda yang masih bingung dalam memilihnya, disini akan diberikan penjelasannya secara lengkap.

Tips Memilih Rice Cooker Yang Bagus

Memilih rice cooker terbaik memang tidak mudah. Apalagi kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, disini akan diberikan bagaimana tips dalam memilih rice cooker atau penanak nasi yang bagus. Berikut ini beberapa tips yang perlu dilakukan ketika akan membeli sebuah penanak nasi untuk dapur minimalis:

  • Perhatikan ukurannya

Tips pertama dalam memilih penanak nasi adalah ukurannya. Mesin penanak nasi tersedia dalam berbagai ukuran, ukuran yang paling kecil adalah 0,6 liter. Dalam membeli penanak nasi hal pertama yang harus dilihat adalah kapasitasnya. Sesuaikan kapasitas penanak nasi yang akan dibeli dengan kebutuhan Anda. Untuk kebutuhan kecil Anda bisa memilih penanak nasi dengan ukuran 1 liter. Namun bagi Anda yang membutuhkan rice cooker berukuran besar bisa memilih ukuran 1,8 liter ataupun lebih.

  • Sesuaikan harga dengan budget

Tips yang kedua dalam memilih penanak nasi adalah sesuaikan harga dengan budget yang disediakan. Harga rice cooker murah sekarang ini sudah banyak, jadi Anda tidak perlu lagi khawatir dengan harganya. Penanak nasi paling murah dijual dengan harga sekitar 100 ribu rupiah. Tentu saja harga yang ditawarkan sebanding dengan ukuran serta kualitasnya.

  • Pilih yang mudah digunakan

Tips yang ketiga dalam memilih rice cooker adalah pilih yang paling mudah digunakan. Sekarang ini ada banyak pilihan jenis mesin penanak nasi dengan teknologi yang canggih. Anda bisa memilih penanak nasi dengan teknologi digital yang modern. Namun Anda juga perlu mempelajari apakah teknologi tersebut mudah bagi Anda untuk digunakan. Teknologi ini memang memudahkan, namun bagi beberapa orang cukup sulit dalam penggunaannya.

  • Pilih yang mempunyai daya tahan yang kuat

Tips yang keempat dalam memilih penanak nasi adalah pilih yang mempunyai daya tahan kuat. Tidak semua mesin penanak nasi mempunyai daya tahan yang kuat, oleh karena itu Anda harus mencari banyak informasi agar mendapatkan penanak nasi yang mempunyai daya tahan kuat. Dengan daya tahan yang kuat maka mesin penanak nasi tidak akan mudah rusak dan bisa menghemat pengeluaran Anda.

  • Pilih merek yang populer

Tips yang terakhir dalam memilih rice cooker adalah pilih dari merek yang populer. Biasanya merek yang populer sudah dijamin mempunyai kualitas yang bagus. Hal ini dikarenakan sudah banyak orang yang membuktikannya sehingga merek tersebut menjadi populer. Selain itu, merek yang populer juga mudah dalam hal servis jika terjadi kerusakan.

Merek Rice Cooker yang Terbaik di Indonesia

Merek rice cooker yang terbaik dan populer di Indonesia cukup banyak. Merek-merek ini banyak dipilih karena mempunyai kualitas yang bagus. Selain itu, merek-merek ini juga mempunyai daya tahan yang cukup kuat dan tidak mudah rusak. Nah, bagi Anda yang membutuhkan referensi merek penanak nasi yang bagus, berikut ini daftarnya:

  • Yongma

Yongma merupakan salah satu merek penanak nasi terbaik yang ada di Indonesia. Rice cooker Yongma ini sudah sangat terkenal sejak zaman dulu. Selain itu, kualitas penanak nasi ini juga tidak bisa dibantahkan lagi. Yongma juga mudah untuk digunakan serta tersedia dalam banyak seri dengan ukuran dan desain yang bermacam-macam. Harga dari penanak nasi Yongma juga tergolong cukup murah.

  • Cosmos

Selain Yongma, Cosmos juga merupakan salah satu merek rice cooker di Indonesia yang cukup terkenal. Cosmos sudah mengeluarkan puluhan seri penanak nasi dengan ukuran yang beraneka ragam. Tidak hanya penanak nasi dengan ukuran yang besar, Cosmos juga menyediakan penanak nasi dengan ukuran kecil dengan kapasitas kurang dari 1 liter. Harga dari penanak nasi ini juga tergolong terjangkau hanya ratusan ribu rupiah saja.

  • Philips

Philips juga termasuk merek terbaik untuk mesin penanak nasi. Merek ini menyediakan berbagai penanak nasi dengan semua ukuran. Bagi Anda yang ingin memiliki penanak nasi kecil Philips menyediakannya dengan ukuran 0,6 sampai 0,8 liter. Selain itu, Philips juga menyediakan penanak nasi ukuran besar untuk menanak nasi dalam jumlah yang sekaligus banyak. Untuk harga dari penanak nasi Philips juga cukup terjangkau.

  • Sharp

Rice cooker merek Sharp juga termasuk penanak nasi terbaik yang ada di Indonesia. Sharp tidak mengeluarkan banyak seri penanak nasi dengan harga yang terjangkau. Salah satu keunggulan dari Sharp adalah desainnya yang sangat minimalis dan unik. Dengan desainnya yang menarik ini tentunya akan membuat dapur minimalis Anda tampak lebih cantik dan minimalis. Harga dari penanak nasi merek Sharp ini mulai dari 300 ribuan sampai jutaan tergantung ukurannya.

  • Miyako

Merek penanak nasi terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Miyako. Penanak nasi Miyako tersedia dalam berbagai ukuran. Salah satu ukuran yang paling banyak diminati adalah 1 liter. Harga rice cooker Miyako 1 liter ini juga termasuk terjangkau yaitu mulai dari seratus ribu rupiah. Tidak hanya murah, Miyako juga mempunyai ketahanan yang cukup kuat dibandingkan merek lainnya.

Cara Menanak Nasi dengan Rice Cooker Agar Tidak Kering

Memasak nasi dengan rice cooker memang sangatlah mudah, namun masih banyak orang yang mengeluhkan bahwa memasak nasi dengan menggunakan mesin penanak nasi akan cepat kering. Tahukah Anda sebenarnya dalam menanak nasi dengan menggunakan mesin penanak nasi ada caranya yang khusus agar nasi tidak mudah kering. Berikut ini cara mudah menanak nasi dengan mesin penanak nasi agar tidak mudah kering:

  1. Langkah pertama yaitu Anda harus mencuci beras sampai bersih dalam wadah lain. Hindari mencuci beras dengan menggunakan mangkuk rice cooker, hal ini dikarenakan bisa membuat mangkuk cepat rusak.
  2. Selanjutnya masukkan beras yang sudah dicuci dalam mangkuk penanak dan tambahkan air sesuai dengan takarannya. Agar nasi lebih enak dan tidak kering, maka Anda bisa menambahkan 1 sendok teh air lemon didalamnya. Selain air lemon, Anda juga bisa menambahkan daun pandan agar nasi menjadi wangi dan enak.
  3. Cara yang terakhir agar nasi tidak kering maka Anda harus mengaduk nasi jika nasi sudah matang atau indikator pada penanak sudah berganti warna. Pengadukan ini dilakukan agar uap merata dan membuat nasi tidak kering serta tidak mudah basi.

Menanak nasi dengan menggunakan rice cooker memang sangat mudah dan praktis. Selain itu, dengan menggunakan mesin penanak nasi Anda bisa menghemat banyak waktu untuk memasak nasi. Bagi Anda yang ingin menggunakan mesin penanak nasi ini memang harus jeli dalam memilihnya. Ada banyak pilihan merek dan seri dari mesin penanak nasi sekarang ini yang dijual dengan harga yang cukup murah hanya ratusan ribu rupiah saja.