BogorGate.com – Memperingati hari kemerdekaan, warga Kampung Cipayung, RT 01 dan 03, RW 07, Kelurahan Tengah, Cibinong, Kabupaten Bogor menggelar aksi membersihkan saluran irigasi (selokan) yang dipenuhi sampah.

Menurut Ketua RT 03, Rahmat, kegiatan ini dilakukan sebagai simbolis jika warga sekitar mencintai Indonesia, dengan membersihkan selokan dari sampah plastik, dedaunan serta lumpur, yang menjadi sumber utama saluran irigasi mengalami pendangkalan.

“Kami bergotong royong melakukan ini, selain menyambut HUT RI ke 70, juga bertujuan agar para warga menjaga lingkungan,” ujarnya, Senin (17/08/2015).

Rahmat menjelaskan, selain selokan mengalami pendangkalan, sampah yang ada diselokan juga menyebabkan tersendatnya aliran air sungai yang berdampak timbulnya banjir.

“Kalau air selokan sedang pasang, air sering masuk kepemukiman warga, untuk itu, kami warga melakukan aksi peduli lingkungan dalam meriahkan HUT RI, juga mengantisipasi musim hujan yang katanya datang pada bulan September,” jelasnya.

Pihak pengurus RW 07 berharap, masyarakat bisa lebih sadar lagi untuk tidak membuang sampah ke saluran irigasi, sebab jika sampah menumpuk maka dampaknya selain pendangkalan maka warga di hilir juga akan merasakan dampaknya seprti air selokan yang meluap dan menyebabkan banjir.

“Sampah ini semuanya kiriman dari atas (hulu), kami yang terkena imbasnya dari sampah yang mengalir di sungai,” kata Rahmat.