Bogorgate.com – Menjaga kesehatan tubuh dengan selalu menjaga kebersihan baik badan, pakaian, ataupun lingkungan tempat tinggal. Tetapi yang namanya penyakit dapat hadir kapan dan dimana saja, terutama saat tubuh kita berada dalam kondisi yang turun. Salah satu penyakit yang sering terjadi dan yang mudah kita temukan pada setiap orang yaitu alergi kulit. Penyebab alergi kulit sendiri dapat terjadi dari berbagai macam hal, mulai dari konsumsi makanan seperti seafood, obat-obatan seperti antibiotik, dan juga kosmetik seperti bahan sabun, bahan shampo, dan juga parfum.

Cara menurunkan penyebab alergi kulit tentunya penting untuk diketahui, karena dengan mengetahui penyebabnya maka akan mudah pula dalam melakukan pencegahannya. Misalnya saat anda alergi makanan seafood seperti udang-udangan, maka untuk besoknya anda jangan mengkonsumsi makanan udang atau yang mengandung udang di dalamnya. Dan untuk anda yang sekarang ini mengalami alergi kulit, maka berikut ini cara pengobatan yang dapat anda lakukan.

  1. Mengkonsumi makanan yang banyak mengandung beta karoten. Zat beta karoten ternyata sangat baik untuk mengobati penyakit alergi kulit. Ini karena dalam kandungannya dapat meningkatkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga berpengaruh dalam melawan zat yang dapat menyebabkan alergi. Selain itu beta karoten juga bermanfaat dalam memperbaiki sistem pernafasan dan merupakan antioksidan yang dapat menangkal akan adanya radikal bebas.

Jenis makanan yang banyak mengandung beta karoten dan baik untuk mengatasi alergi dapat kita temukan pada wortel, mangga, pepaya, dan juga daun bayam. Jika kita mengkonsumsinya secara teratur maka akan berdampak baik pada penyakit alergi kulit.

  1. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium. Magnesium merupakan salah satu zat yang terkandung dalam berbagai makanan yang dapat dengan mudah kita temukan. Makanan yang mengandung magnesium sendiri diantaranya yaitu alpukat, bayam, rempah-rempah, kacang tanah, kopi, almond, dan yang lainnya. Fungsinya magnesium untuk tubuh ini yaitu sebagai manipulasi substansi polyphosphate seperti ATP. Sehingga sangat baik dan membantu dalam memanipulasi hal yang dapat membuat kita alergi menjadi terkurangi.

Selain cara di atas dalam menyembuhkan alergi ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan terapi tertentu yang dipercaya dalam mengurangi dampak alergi. Namun untuk terapi ini belum dapat dipastikan dalam penyembuhannya karena secara pasti belum ditemukan obat yang dapat menurunkan penyebab alergi kulit. (ads)