BogorGate.com – Selama ini memang cukup banyak yang berkoar-koar mengenai cuci tangan sebelum melakukan berbagai aktifitas salah satunya adalah makan, hal ini memang penting karena dapat dijadikan sebagai upaya utama pencegahan diare, tak hanya penyakit ini saja, melainkan juga berbagai masalah kesehatan dari yang ringan hingga serius lainnya. Secara sadar atau tidak tangan memang menjadi sumber penyakit, banyak bakteri berbahaya yang ada di dalamnya, dari yang menyebabkan flu, sakit perut hingga diare.

Langkah paling efektif dalam pencegahan penyakit diare memang dari cuci tangan menggunakan sabun, sangat disarankan adalah sabun kesehatan, mengingat sabun biasa kurang efektif untuk digunakan dalam membunuh kuman penyebab penyakit. Lalu sebenarnya apa itu penyakit diare. Beberapa diantara Anda tentunya sudah mengenal masalah kesehatan yang satu ini, mengingat pada umumnya setiap orang pasti pernah merasakannya, baik itu dengan intensitas yang ringan maupun parah, penyebabnya sendiri beragam, namun yang paling banyak adalah berasal dari:

  1. Makanan, tak hanya makanan kotor saja melainkan juga jenis panganan yang pedas, beberapa diantara Anda tentunya pernah merasakan diare yang satu ini, umumnya ditandai dengan sakit perut dan terasa panas, namun tak sampai mengalami muntah-muntah.
  2. Konsumsi air yang tercemar bakteri penyebab diare, salah satu sarana penyebaran paling besar juga berasal dari konsumsi air yang tak bersih. untuk itu sebenarnya sangat tak dianjurkan meminum air yang tak dimasak kecuali dalam keadaan yang terpaksa, itupun tetap pilih-pilih jenis airnya.
  3. Alergi terhadap satu jenis produk, bayi biasanya sering mengalami hal yang satu ini, beberapa produk susu dapat menyebabkan alergi hingga diare jika memang tubuh tak dapat menerima, untuk itulah lebih dianjurkan bagi para ibu dalam memberinya ASI.

Banyak hal yang secara sadar maupun tidak dapat memicu penyakit ini, cara paling mudahnya dibandingkan harus mengobati memang dengan lakukan pencegahan diare, cukup gunakan sabun Lifebuoy untuk cuci tangan, sabun kesehatan jauh lebih efektif dalam memberantas kuman dibandingkan produk sabun kecantikan. (ads)