BogorGate.com – Lensa Canon dalam penamaannya tidaklah serumit  lensa Nikon. Tapi meski begitu masih banyak orang yang bingung dengan arti nama-nama pada lensa Canon yang ada di pasaran. Oleh karena itu agar tidak bingung, sebelum membeli lensa Canon terbaru ada baiknya untuk membaca artikel ini terlebih dahulu.

Aturan Penamaan Pada Lensa Canon

Berikut adalah istilah-istilah yang sering digunakan pada kode penamaan lensa Canon

  • EF-S

EF merupakan kependekan dari Electro Focus, sementara S adalah untuk istilah Short Back. Dinamakan electro focus karena lensa Canon ini memiliki motor sendiri untuk auto focus. Sementara short back sendiri karena secara mekanis ujung belakang dari lensa masuk lebih jauh ke dalam mounting kamera. Lensa EF-S didesain secara khusus untuk kamera Canon non full frame sehingga tidak bisa digunakan pada kamera full frame.

  • EF ( Electro Focus )

Hampir mirip dengan lensa EF-S yang telah dijelaskan di atas, lensa EF juga memiliki motor sendiri. Akan tetapi bedanya adalah lensa ini didesain untuk kamera Canon full frame seperti EOS 5D Mark II/III dan  EOS 1D Mark. Selain itu juga dapat digunakan pada kamera non full frame.

  • L ( Luxury )

Kode L yang berarti Luxury adalah lensa Canon kelas mewah. Seri L dirancang menggunakan material optik berkualitas prima dengan harga yang juga prima. Lensa ini memang ditujukan untuk kalangan fotografer profesional. Lensa seri L memiliki ketangguhan yang lebih baik secara mekanis dan juga tahan akan perubahan cuaca. Seri L ini berada pada katagori lensa electro focus yang dapat digunakan pada berbagai kamera Canon baik kamera full frame maupun kamera non full frame.

  • IS ( Image Stabilization )

Lensa Canon berseri IS dilengkapi dengan teknologi untuk meminimalisir blur dengan mengkompensasi gerakan tangan saat memegang lensa. Lensa jenis ini sangat berguna untuk pemotretan low light atau saat menggunakan lensa tele.

  • DO ( Diffractive Optic )

Lensa DO atau Diffractive Optic dirancang untuk meminimalisir chromatic abberation sekaligus mengurangi berat serta ukuran lensa.

  • USM ( Ultra Sonic Motor )

Sebetulnya hampir semua lensa Canon memiliki motor di bagian dalamnya. Akan tetapi jika dilengkapi dengan teknologi ultra sonic motor maka lensa tersebut memiliki kemampuan auto focus yang lebih cepat. Suaranya pun tidak begitu berisik dan lebih hemat baterai serta pengguna dapat mengganti auto focus ke manual focus dengan hanya memutar ring lensa.

Panduan Memilih Lensa Canon

Setelah mengetahui berbagai macam kode penamaan dari lensa Canon, harapannya sebelum membeli lensa Canon, mengetahui dahulu jenis lensa berdasarkan penamaannya tersebut. Selain itu juga sebenarnya lensa Canon ini diklasifikasikan ke dalam beberapa kelas dan juga harga lensa Canon tersebut. Nah, lensa-lensa berikut ini telah diklasifikasikan berdasarkan jenis dan juga haganya.

 

Lensa Canon  Zoom Standar ( EF-S )

Berikut ini adalah beberapa lensa Canon zoom standar yang dapat menjadi rujukan dalam membeli lensa.

  • Canon 18-55 mm f/3.5-5.6 IS biasanya dipaketkan dengan kamera tingkat dasar seperti 1100D dan 650 D. Lensa ini berharga 1.25 juta rupiah
  • Canon 18-135 mm f/3.5-5.6 IS biasanya dipaketkan dengan kamera tingkat menengah seperti 60 D dan 7D. Lensa ini lebih praktis jika dibandingkan dengan 18-55 mm karena memiliki rentang fokus lebih panjang sehingga cocok untuk dibawa jalan-jalan. Lensa ini dihargai 4 juta rupiah.
  • Canon 18-135 mm f/3.5-5.6 IS STM. Perbedaan lensa ini dengan lensa sebelumnya adalah adanya STM yang membuat akuisisi fokus lebih baik saat merekam video.
  • Canon 15-18 mm f/3.5-5.6 IS memiliki kualitas foto dan ketajaman setingkat diatas kedua lensa di atas. Harga lensa ini sekitar 6.6 juta rupiah.
  • Canon 17-55 mm f/2.8 IS USM adalah lensa zoom EF-S terbaik yang mempunya image stabilization. Lensa ini ideal untuk digunakan dalam jenis fotografi. Harga lensa ini sekitar 9.6 juta rupiah.

Dari semua lensa EF-S di atas, lensa Canon 15-85 mm sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki hobi jalan-jalan karena selain berkualitas juga memiliki ukuran relatif kecil dan harga yang relatif murah.

Lensa Canon Zoom Standar ( EF )

Berikut beberapa lensa Canon EF yang dapat dijadikan rujukan.

  • Canon 24-105 mm f/4 IS L merupakan lensa yang sangat praktis untuk diajak jalan-jalan. Lensa ini cocok dipasang untuk kamera full frame. Harga lensa Canon 24-105 mm sekitar 10.5 juta rupiah.
  • Canon 24-70 mm f/2.8 L II memiliki kualitas tinggi, tajam, kokoh dan gesit. Lensa andalan para profesional ini dihargai 20 juta rupiah.

Jika tidak keberatan dengan harganya, kedua lensa tersebut sangat direkomendasikan karena memberikan kualitas foto yang sangat baik.

 

Lensa Canon Sapujagat ( EF dan EF-S )

  • Canon EF-S 18-200 mm f/3.5-5.6 IS adalah lensa sapujagat yang praktis karena memiliki lensa lebar dan tele yang menjadi satu sehingga tidak perlu repot gonta-ganti lensa. Harga yang ditawarkan untuk lensa ini adalah 6.1 juta rupiah.
  • Canon EF 28-300 mm f/3.5-5.6 IS USM L adalah lensa sapujagat yang didesain untuk kamera Canon full frame. Lensa ini sudah cukup berumur dan juga memiliki dimensi yang besar. Harganya sekitar 15 juta rupiah.

Lensa Canon Zoom Lebar ( EF dan EF-S )

  • Canon 11-18 mm f/4.5-5.6 IS STM adalah lensa lebar paling ringan. Lensa ini sangat ideal untuk merekam video. Harganya sendiri sekitar $299
  • Canon 10-22 mm f/3.5-4.5 adalah lensa super lebar yang biasanya digunakan untuk mengambil gambar pemandangan. Harganya sendiri sekitar $649.
  • Canon 17-40 mm f/4 L merupakan lensa super lebar yang dirancang untuk kamera full frame. Lensa ini memuat filter berukuran 77 mm. Harganya sendiri sekitar $839.
  • Canon 16-35 mm f/4 IS L hampir mirip dengan lensa di atas, bedanya hanya terdapat stabilizer yang membantu saat memotret dalam kondisi gelap. Harganya sendiri sekitar $1199.
  • Canon 16-35 mm f/2.8 L II adalah lensa super lebar yang dibuat untuk kamera full frame Canon. Lensa ini merupakan lensa idaman fotografer pemandangan atau jurnalistik. Harganya sendiri $1699.

Lensa Canon Zoom Telefoto ( EF-S dan EF )

Untuk lensa Canon zoom telefoto yang direkomendasikan dan paling terkenal adalah seri 70-200 mm. Harganya sendiri sekitar 11 juta rupiah. Akan tetapi bagi yang ingin berhemat dan memiliki lensa berukuran lebih ringan dapat memilih 55-250 mm f/4-5.6 IS yang berharga 2.2 juta rupiah.

Lensa Canon Fixed.

Untuk lensa fixed yang direkomendasikan adalah Canon 50 mm f/1.2, 85 mm, f/1.2 135 mm dan f/2. Lensa-lensa tersebut mampu menghasilkan foto dengan kontras tinggi dan tajam. Akan tetapi kelemahannya adalah ketika kondisi pencahayaan kurang mendukung lensa tersebut sulit untuk digunakan. Harganya sendiri sekitar 14 juta rupiah. (adv)