BogorGate.com – Bupati Bogor, Hj Nurhayanti berharap pengurus dan anggota Paguyuban Tumaritis berpartisifasi aktif dalam pembangunan daerah serta dalam berbagai aksi yang bertujuan menjaga perdamaian dan persatuan bangsa di tengah masyarakat.

Harapan itu dinyatakan dalam sambutan tertulis disampaikan Camat Tenjolaya, Agus Lidwan pada saat pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Paguyuban Tumaritis, periode 2015-2020, Minggu (30/8) di Desa dan Kecamatan

Menurut Nurhayanti, Paguyuban harus memerankan diri secara aktif serta memberikan kontribusi positif bagi tumbuhnya sosial kemasyarakatan yang damai, santun dan mampu mendorong anggotanya untuk menjunjung tinggi moralitas, etika dan hukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

“Saya minta agar para kader Paguyuban Tumaritis melengkapi diri dengan wawasan pembangunan komprehensif sehingga bisa melaksanakan program kerja dengan baik,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Paguyuban Tumaritis, E. Saepudin menyatakan bahwa organisasi yang sekarang dipimpinnya itu, berdiri atas keprihatinan lunturnya Kesundaan di masyarakat Kabupaten Bogor.

Paguyuban Tumaritis yang sekarang berumur 18 taun tetap hidup dan berbaur dengan masyarakat, menjaga keamanan dengan palsafah silih asih, silih asah dan silih asuh.

“Meskipun tanpa deklarasi kami tetap eksis di masyarakat dan berperan aktif dalam berbagai pembangunan,”ujarnya. Sedangkan Ketua Dewan Penasehat Tumaritis, H. Sofyan

Syauri Suganda meminta kepada seluruh jajaran pengurus dan anggota dapat menjamin kebebasan beragama dan kebebasan menjalankan ibadah menurut agama dan keyakinan masing-masing.

Dia juga mengingatkan bahwa saat ini sedang terjadi kekacauan baik secara perorangan dan kelompok. “Dalam suatu persaingan yang tajam manusia bisa berubah jadi serigala yang pada akhirnya akan menimbulkan konplik yang besar, kalau tidak dijaga.”urai Sofyan.

Kegiatan pengukuhan pengurus DPP Paguyuban Tumaritis ini menurut ketua panitia pelaksana, Jacky Wijaya persiapan pengukuhan ini hanya seminggu saja lamanya.“Tapi Alhamdulillah semuanya bisa berjalan sesuai rencana,” katanya.

Pengukuhan kepengurusan ini ditandai dengan penyematan pin Tumaritis kepada jajaran pengurus, Ketua dewan Pembina dan penasehat. (aud)