BogorGate.com – Menjelang puncak peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 70 Menteri Sosial Kofifah Indar Parawangsa melakukan napak tilas perjuangan bangsa di Museum PETA di Kota Bogor, Minggu (16/8/2015). Dalam agenda itu Khofifah ditemani Walikota Bogor Bima Arya dan Ketua Yayasan Pembela Tanah Air Tinton Suprapto.

Mereka melakukan penelusuran jejak sejarah keberadaan PETA di Indonesia dengan menanyakan langsung kepada saksi hidup sejarah perjuangan bangsa. Selain itu mereka juga menyaksikan langsung peninggalan tentara PETA berupa seragam dan persenjataan yang masih ada dan tersimpan di museum tersebut.

Kofifah menjelaskan, aset peninggalan sejarah dari Tentara PETA ini masih tersimpan rapi di Museum tersebut sehingga ini merupakan bukti sejarah bangsa Indonesia yang mempunyai nilai tinggi. Kementrian Sosial pun terus melakukan napak tilas penelusuran sejarah perjuanagan bangsa di berbagai pelosok bangsa sehingga bisa diwariskan kepada anak cucu generasi penerus bangsa.

Menurut Kofifah Indar Parawangsa, dengan adanya nilai luhur pejuang bangsa ini maka bisa diteruskan sikap rela berkorban dan pantang menyerah untuk membangun bangsa. ” PETA ini tonggak sejarah bangsa Indonesia cikal bakal tentara, jadi napak tilas harus dilakukan agar bisa mengambil nilai positif untuk perkembangan bangsa kedepannya.” Ujarnya di Museum Peta Bogor, Minggu (16/08).

Dalam kesempatan itu Kementrian Sosial dan Pemkot Bogor akan berupaya membuat patung atau monumen PETA di Kota Bogor, karena daerah tersebut sudah ditetapkan menjadi Kota PETA sehingga itu harus bisa terlihat dengan jelas dengan adanya monumen PETA yang ada di ruang publik di Kota Bogor. (feb)