Editor's Rating

7.2
Keindahan
7.4
Kenyamanan
7.1
Keamanan
7.6
Pelayanan
7.4
Harga Tiket
6.3
Fasilitas

Bogorgate.com – Jika Anda ingin atau kebetulan berkunjung ke kota hujan Bogor, jangan lewatkan untuk mengunjungi Museum Zoologi Bogor yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9. Sesuai dengan namanya, museum ini merupakan museum yang berkaitan dengan dunia satwa.

Museum ini memiliki koleksi beraneka ragam fauna yang diawetkan. Aneka warna warni fauna ini terdiam mematung di dalam museum dengan keindahan mereka masing-masing. Pengawetan fauna ini dimaksudkan bagi pendidikan dan pengetahuan. Pada awalnya museum ini didirikan sebagai Laboratorium Zoologi untuk memberi wadah penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan binatang hama.

Menurut goresan tinta sejarah, museum ini berdiri atas gagasan dari seorang ahli botani bernama Dr. JC Koningsberger yang sedang berkunjung Kota Bogor pada Agustus 1894 dan pada tahun yang sama, museum ini mulai dibangun dan selesai pada tahun 1901 dan diberi nama Landbouw Zoologisch Museum.

museum-zoologiNamun karena satu dan lain hal terutama karena alasan pergolakan politik dunia selama masa pendudukan Jepang di Indonesia, museum ini sempat berganti nama beberapa kali. Pada tahun 1945-1947 museum ini menyandang nama Museum Zoologicum Bogoriense dan hingga kini nama tersebut terus digunakan, kemudian sering disebut sebagai Museum Zoologi Bogor.

Anda akan berdecak kagum dengan koleksi jutaan spesimen yang terdiri dari puluhan ribu jenis fauna dari berbagai jenis. Diantaranya 650 jenis binatang mamalia (menyusui), 1100 jenis burung yang berasal berbagai wilayah di Indonesia, 600 jenis reptil dan ikan, moluska yang terdiri dari 2300 jenis, 10.000 jenis serangga serta 700 jenis invertebrate lainnya.

 

Kegiatan

Menyaksikan ratusan sampai ribuan koleksi fauna mulai dari mamalia, burung, reptil, ikan, moluskas, serangga serta inverterbrata merupakan kesempatan yang sangat berharga, karena Anda jarang menemukan ratusan fauna ini berada di satu tempat.

Berkunjung ke museum ini seolah-olah Anda tidak perlu lagi pergi ke berbagai daerah untuk menemukan berbagai jenis fauna, hanya bedanya semua fauna yang ada disini hanya duduk terdiam dan membisu.

Di museum ini Anda bisa mengetahui seluk beluk dan berbagai informasi yang Anda perlukan tentang sebagian besar fauna di dunia.

 

Transportasi

Museum zoologi terletak di dalam kebun raya bogor, untuk berwisata ke tempat ini, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Karena Kebun Raya ini terletak di tengah kota Bogor yang ramai. Untuk menuju Bogor, Anda dapat mencoba naik kereta. Ada banyak pilihan kereta bila Anda ingin ke kota Bogor, mulai dari kereta ekonomi hingga kereta ekspres. Anda tidak perlu menunggu lama di stasiun kota, karena kereta menuju Bogor ada setiap setengah jam sekali.

Dari Jakarta, Anda dapat menyewa mobil (lengkap dengan supir) untuk pergi ke Bogor. Sebagaimana yang disebutkan di atas, perjalanan ke Bogor akan memakan waktu sekitar satu jam. Harap diperhatikan bahwa lalu lintas di akhir pekan dan liburan panjang akan sangat padat.