Berolahraga merupakan salah satu cara agar Anda dapat hidup sehat dan memancarkan pesona yang menarik. Selain itu, berolahraga ringan seperti jogging mungkin telah menjadi sebuah lifestle baru. Anda mungkin akan diajak kawan-kawan atau kolega kantor Anda untuk berolahraga bersama. Untuk Anda yang biasa berolahraga mungkin tidak masalah. Namun, untuk Anda yang malas bergerak, hal ini akan menjadi momok. Belum lagi jika Anda tidak tahu tips dan trik berolahraga yang baik, Anda mungkin saja malah sakit dan pegal-pegal saat berolahraga.

Oleh karena itu, dalam artikel ini Kami menyiapkan berapa tips dan cara berolahraga bagi Anda yang malas berolahraga sebelumnya. Semoga bermanfaat!

  • Jangan Paksakan Diri Anda

Salah satu kesalahan utama mereka yang baru memulai olahraga adalah memaksakan diri dan tidak tahu batasan fisik yang mereka miliki. Misalnya langsung melakukan olahraga berat sprint padahal sebelumya belum melatih fisik. Hal ini akan berakibat fatal karena jantung tidak dapat mengcover suplai darah pada tubuh Anda, terutama oksigen. Akibatnya adalah otot akan melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan asam laktat. Asam laktat merupaan penyebab pegal-pegal saat selesai olahraga. yang paling parah adalah  kehilangan kesadaran.

Untuk Anda para pemula, lakukan jalan santai atau lari kecil 1 sampai 2 menit dan jeda istirahat 2-3 menit selama 1 hingga dua jam. Lakukan selama 2 hingga 3 kali seminggu. Naikkan tempo ini secara bertahap. Latihan ini akan membuat fisik Anda, terutama jantung lebih siap untuk olahraga yang lebih berat.

Sebagai lanjutan dari jogging ringan, Anda dapat memilih olahraga yang ringan seperti bermain pingpong.

  • Jaga Kadar  Air Tubuh

Menjaga tubuh tetap memiliki kadar air yang cukup sangatlah penting untuk mendinginkan tubuh dengan berkeringat dan sebagai media reaksi biokimia tubuh untuk menghasilkan energi. Oleh karena itu, Anda harus membawa air minum saat Anda berolahraga. Minumlah saat Anda mulai merasa gerah seteguk dua teguk. Jangan menunggu rasa haus menyerang.

  • Jangan Lupa Pemanasan

Kram atau pegal-pegal merupakan tanda otot-otot Anda tidak siap dengan kegiatan fisik saat Anda berolahraga. Oleh karena itu, lakukan peregangan dan pemanasan selama 5 hingga sepuluh menit untuk memastikan persendian dan otot-otot Anda lebih siap dengan aktivitas fisik sebenarnya.

  • Jangan Lupa Sarapan Sebelum Berolahraga

Sarapanlah dengan makanan sehat seperti buah pisang atau apel 1 jam sebelum berolahraga. Kandungan karbohidrat dalam buah cenderung lebih sederhana apabila dibandingkan dengan nasi atau roti hingga dapat memberi energi siap pakai yang lebih cepat bagi Anda. Selain itu, buah-buahan seperti pisang juga menyediakan vitamin dan mineral untuk memperlancar metabolisme tubuh hingga Anda lebih berenergi saat berolahraga.

Demikian tips berolahraga bagi pemula ini. Semoga dapat membantu Anda memulai hidup sehat dengan rutin berolahraga dan dapat memperkuat jasmani Anda!

Disadur dari : http://www.pancarkanpesonamu.com/