BogorGate.com – Terdapatnya luka atau cidera pada bagian tubuh tentulah akan sangat mengganggu kenyamanan kita dalam beraktifitas. Luka ringan atau luka berat sama-sama dapat membuat rasa sakit pada tubuh. Namun sayangnya luka atau cidera yang tertinggal akibat operasi atau terjatuh dari sebuah tempat bertahan cukup lama di tubuh. Selain obat luar atau obat dalam yang diminum, untuk mengobati luka juga diperlukan nutrisi yang sehat dan bergizi.

Untuk mengetahui berbagai nutrisi tersebut, Anda bisa mencarinya menggunakan Iphone 6 yang memiliki aplikasi safari sehingga memudahkan Anda mencari Informasi. Setelah anda mencari melalui mesin pencari, anda pasti mengetahui bahwa nutrisi tersebut ternyata bisa didapat dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tentu saja tak semua jenis makanan bisa membantu penyembuhan luka. Daftar makanan berikut yang harus anda konsumsi untuk mempercepat penyembuhan luka.

  1. Lemak

Lemak ternyata tak sepenuh buruk untuk tubuh anda terutama lemak baik yang terdapat pada beberapa makanan. Lemak bisa membantu anda untuk mempercepat penyembuhan luka karena kandungan di dalamnya. Kandungan yang terdapat dalam lemak bisa membentuk membrane sel-sel baru yang telah rusak sehingga terjadi luka. Pilihlah lemak omega 3 atau lemak omega 6 yang baik untuk penyembuhan luka. Anda bisa mengonsumsi ikan salmon, tuna atau buah alpukat sebagai pilihannya. Namun usahakan untuk mengonsumsinya dengan proses yang baik seperti jangan mencampur alpukat dengan gula yang bisa mengubahnya menjadi lemak jahat.

  1. Daging Merah

Daging merah yang seperti terdapat pada dagin sapi, ayam dan kambing ternyata bisa membantu penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang terdapat dalam daging merah dapat membantu pembentukan hemoglobin. Jika hemoglobin terbentuk dengan baik maka fungsi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dapat membantuk pembentukan sel menjadi lebih efektif. Pastinya jika hal itu terjadi luka akibat operasi atau terjatuh menjadi cepat sembuh. Namun jika anda mempunyai kolesterol, ada baiknya jangan mengonsumsi terlalu banyak.

  1. Ikan Dan Putih Telur

Makanan lainnya yang bisa anda konsumsi untuk membantu proses penyembuhan luka adalah ikan dan putih telur. Hal ini karena kandungan protein pada putih telur dan ikan sangat membantu pembentukan jaringan baru akibat luka atau cidera. Kandungan protein pada ikan dan putih telur juga memperbaiki jaringan sel yang sudah rusak akibat luka. Kemudian juga membantu melawan infeksi yang dapat menghambat penyembuhan luka. Anda bisa mengonsumsi segala jenis ikan atau mengonsumsi ikan gabus yang mempunyai kandungan protein yang tinggi.

  1. Nasi Merah Dan Gandum

Selain nasi merah dan gandum dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih untuk menurunkan berat badan, gandum dan nasi merah juga membantu penyembuhan luka. Kandungan karbohidrat dengan glukosa yang baik seperti nasi merah dan gandum juga membantu sistem imun tubuh dengan baik. Oleh karena itu penyembuhan luka akan lebih cepat jika anda mengonsumsi nasi merah dan gandum. Selain itu juga kandungan karbohidrat pada nasi merah dan gandum juga dapat menyediakan energi yang lebih banyak pada tubuh karena tubuh yang mengalami luka dan cidera akan membutuhkan energi lebih.

Masih banyak informasi lainnya yang bisa dicari dengan Iphone 6, Anda bisa mencarinya menggunakan aplikasi safari yang memang sangat berguna untuk mengetahui berbagai permasalahan. Harga Iphone 6 pun dapat terjangkau, sehingga Anda dapat mencari informasi yang berguna lainnya. (ads)