BogorGate.com – Perkembangan ekonomi suatu negara, tentunya dilihat dari peningkatan jumlah para pengusaha yang tumbuh di suatu negara. Hal tersebut dikarenakan, dengan hadirnya para pengusaha pemula tentunya akan membuat lapangan kerja bagi orang lain. Dalam menjalankan bisnis pada zaman sekarang tentunya harus memiliki kerja keras, inovasi, dan jeli dalam membuat sebuah bisnis. Kendati demikian, dalam membangung bisnis, tentunya ada beberapa kendala seperti ide, modal, dan masih banyak lainnya. Namun tentunya, dalam membuat bisnis ada pula beberapa bisnis yang bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar. Berikut beberapa bisnis yang bisa dilakukan mahasiswa :

  • Designer

Dengan berbagai ide kreatif dalam membuat suatu karya, tentunya anak muda memiliki sejuta ide yang bisa dikembangkan. Berbagai ide kreatif ini bisa dituangkan dalam berbagai macam design yang bisa dikomersilkan.

  • Event Organizer

Ide kreatif mahasiswa tentunya dapat membuat berbagai acara menarik dan sesuai dengan target dari audience suatu event. Kebanyakan mahasiswa yang aktif dalam bisnis event organizer bukan hanya melatih kreatifitias saja, akan tetapi juga dapat meningkatkan relasi yang dapat menunjang masa depan.

  • Bisnis Fashion

Bisnis fashion adalah salah satu hal yang paling menarik pada kalangan mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa memiliki pasar yang sesuai dengan target, yakni anak muda yang peduli akan fashion. Misalnya ketika anda melakukan observasi terhadap mahasiswa yang mengenakan sepatu nike, tentunya anda harus jeli dalam melihat pangsa pasar tersebut. Anda bisa mencoba membandingkan harga sepatu nike, dan kemudian menjadi reseler sebuah produk. Salah satu strategi dalam menjalankan bisnis ini adalah dengan menjual harga dibawah pasaran toko. Hal tersebut tentunya bisa Anda lakukan, karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa toko maupun pembayaran karyawan.

  • Bisnis Kuliner

Pada dasarnya setiap orang tentunya membutuhkan asupan makanan yang lezat dan bergizi. Hal tersebut menjadikan bahwa bisnis kuliner ini tidak pernah mati. Dalam membuat bisnis ini tentunya Anda harus memiliki ide yang kreatif dan unik, serta tetap terjaga kualitas makanan yang akan dibuat. Hal yang terpenting dalam menjalankan bisnis kuliner adalah resep yang akan dibuat. Namun jika Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk memulai bisnis kuliner, anda bisa menjadi reseler suatu produk.

  • Fotographer

Trend fotographer ini memang sedang marak dikalangan anak muda, khususnya mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan profesi ini dinilai terlihat keren dan juga digemari banyak anak muda. Untuk menunjang bisnis fotografi ini memang tidak terlalu sulit, Anda hanya membutuhkan alat seperti camera dan penunjang lainnya. Tentunya Anda juga harus memiliki keahlian yang mempuni.

  • Salon dan Rias

Bisnis ini sangat banyak dilakukan para mahasiswa terutama kaum perempuan. Pasalnya para mahasiswi yang pintar dalam melakukan berbagai macam model rias tersebut tentunya menjadi modal utama yang bisa dilakukan. Selain itu sebagai alat penunjang rias pun tidak terlalu sulit, hal tersebut dikarenakan sebagian besar wanita memiliki berbagai alat khusus kecantikan pribadi yang bisa digunakan untuk memulai bisnis tersebut. (ads)