Oleh : Prima

Ketika anda sedang liburan dan mencari rumah harian di Bogor tentu Anda juga membutuhkan kendaraan untuk menyelusuri kota bogor. Biasanya pada mobil sewaan tersebut pasti dilengkapi dengan GPS. GPS berfungsi untuk menunjukkan arah, bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar, hal ini sangat membantu untuk mencari jalur-jalur alternatif yang membuat jarak tempuh Anda lebih singkat atau digunakan memilih rute untuk menghindari kemacetan, GPS mungkin akan sangat membantu.

Tips Menggunakan GPS Mobil

Selain itu, bagi Anda yang ingin bepergian ke tempat baru dan belum hafal jalan ke tempat tujuan Anda, GPS akan membantu mengarahkan tempat yang Anda inginkan. Akan tetapi Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk mengoptimalkan kerja GPS. Berikut ini tips yang perlu Anda tahu mengenai bagaimana menggunakan GPS pada mobil Anda.

  1. Pilihlah GPS yang memiliki fitur lengkap, apabila perlu, Anda dapat membeli GPS yang memberikan fitur lengkap sehingga memungkinkan Anda melacak lokasi tanpa dengan kemungkinan sangat kecil untuk menyesatkan Anda, karena GPS terkadang ada yang meuunjukan jalur yang salah. Dengan pemilihan GPS yang tepat Anda dapat melakukan perjalanan jauh dengan aman dan tenang.
  2. Setelah membeli GPS, Anda perlu untuk mengenal dan mempelajari fitur yang ada di dalamnya, sehingga Anda tak mengalami kesulitan saat akan menggunakannya.
  3. Anda tidak perlu menginstal peta seluruh Indonesia pada GPS Anda, cukup lokasi-lokasi yang kira-kira akan Anda tuju, misalnya apabila Anda berada di pulau Jawa, mungkin Anda tidak perlu menginstal peta pulau Sulawesi dan Papua. Apabila Anda menginginkan gambaran lokasi yang lebih detail, sebaiknya Anda menginstal peta yang memiliki besaran paling besar.
  4. Pilih peta yang jelas dan lengkap. Apabila mobilitas Anda lebih tinggi di kota Jakarta misalnya, akan lebih baik jika Anda menginstal peta wilayah Jakarta dan sekitarnya saja.
  5. Sebelum mulai menggunakan GPS, pastikan dahulu Anda sudah terhubung dengan jaringan internet.
  6. Anda harus bijak dalam menggunakan fitur-fitur yang ada pada GPS, jangan sembarangan memfungsikan fitur yang ada di dalamnya.
  7. Untuk memulai penggunaan GPS, Anda dapat mengikuti langkah berikut, masuklah ke fitur map, setelah itu Anda akan menemukan kursor berupa tanda panah yang bergoyang-goyang. Hal tersebut menandai di mana lokasi Anda pada saat itu. Pastikan untuk menginstal peta terlebih dahulu sebelum memulai menggunakan ini.
  8. Anda dapat menyimpan lokasi berbentuk koordinat dalam GPS Anda. Akan tetapi karena Anda baru pertama kali menggunakan GPS, Anda dapat memulai untuk memasukkan satu persatu lokasi untuk koordinat Anda.
  9. Terlebih dahulu Anda dapat menyimpan koordinat rumah Anda. Anda dapat berdiri di depan pintu rumah Anda sambil menyalakan GPS Anda kemudian menandai dan menyimpan koordinat tersebut dengan nama “rumah” dan seterusnya.
  10. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan koordinat tempat-tempat yang biasa Anda kunjungi, seperti kampus, empat kerja, mall, dan sebagainya.
  11. Selain membuat tanda dengan koordinat, Anda juga dapat membuat garis pada GPS Anda. Caranya dengan mengendarai mobil Anda sepanjang jalan, selama itu maka GPS akan membuat garis ya menunjukan arah yang Anda ambil. Anda dapat menyimpan itu dan menggunakannya di lain waktu apabila Anda akan menggunakan jalur yang sama ke lokasi yang sama.