Pajak adalah iuran wajib rakyat yang dibayarkan kepada negara. Pajak sendiri diatur berdasarkan undang-undang hingga mereka yang telat membayar pajak, dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan undang-undang tersebut. Salah satu pajak yang wajib dibayar oleh seluruh lapisan masyarakat adalah pajak kendaraan bermotor. Pajak kendaraan bermotor sendiri digolongkan pada jenis pajak yang dikelola oleh pemerintah daerah. Pajak jenis ini dapat Anda cek dengan aplikasi pajak kendaraan bermotor.

Pajak jenis ini umumnya dikenakan pada kendaraan beroda dan pendukungnya yang digerakkan dengan mesin atau alat penggerak lainnya, yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan atau sebagai alat transportasi.

Sanksi Jika Anda Telat atau Tidak Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Pada praktiknya dilapangan, banyak pemilik kendaraan bermotor, baik motor maupun mobil yang tidak membayar pajak. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kendaraan bermotor yang ditilang karena hal tersebut. Penilangan tersebut dilakukan oleh pihak kepolisian dengan sanksi kurungan 2 bulan penjara dan atau denda paling besar Rp 500000,-.

Banyaknya pelanggaran dengan terlambatnya pembayaran pajak jenis ini adalah diakibatkan oleh kesibukan masyarakat wajib pajak sendiri. Banyak dari mereka yang memiliki kendaraan bermotor mampu membayar pajak, namun tidak memiliki waktu untuk datang ke pos-pos samsat terdekat untuk memenuhi kewajiban tersebut.

Dengan berkembangnya teknologi informasi, kini telah banyak dikembangkan program berbasis aplikasi ponsel pintar maupun website yang bisa melayani pajak kendaraan bermotor secara online. Saat ini, ada beberapa provinsi yang sudah melayani cara cek dan melakukan pembayaran pajak motor online, yaitu:

  1. Jawa Timur http://www.esamsat.jatimprov.go.id/
  2. Jawa Tengah http://dppad.jatengprov.go.id/
  3. Jawa Barat http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  4. DKI Jakarta http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
  5. Nangroe Aceh Darusalam www.esamsataceh.com

Namun, Anda masih bisa mendapat masalah jika Anda tidak mengecek secara berkala tagihan pajak kendaraan bermotor Anda, masalah juga dapat Anda temui karena kebanyakan hasil pencarian di google dengan katakunci ‘cara membayar pajak motor online’ akan cenderung menampilkan cara dan tips, bukan solusi.

Cara Menginstall  dan Menggunakan Aplikasi Pajak Kendaraan Bermotor di Ponsel Pintar Android Anda

Berikut cara menginstall aplikasi pajak kendaraan bermotor di ponsel pintar android anda:

  1. Install buka link Google Store berikut di handphone android Anda: https://play.google.com/store/apps/details?id=xyz.indonesiabisa.pkb
  2. Install-lah aplikasi tersebut seperti Anda menginstall aplikasi android biasa
  3. Jalankan aplikasi tersebut dengan tap icon aplikasi yang baru terinstall
  4. Tap tombol ‘ Cek Pajak Kendaraan’
  5. Pilih Propinsi dan karesidenan tempat motor Anda didaftarkan. Misalnya, jika Anda tinggal di daerah Jember yang termasuk karesidenan Besuki (pelat P), maka pilihlah Propinsi Jawa Timur
  6. Masukkan nomor polisi Anda textbox yang telah disediakan dan klik proses
  7. Jika Anda tepat memasukkan informasi yang dibutuhkan, maka akan tampil tabel yang berisi informasi mengenai kendaraan bermotor milik Anda seperti Nopol, merk dan tipe kendaraan, jenis, tahun produksi, jumlah pajak yang harus dibayarkan hingga nilai jual dari kendaraan bermotor yang Anda miliki

Kesimpulan

Pajak kendaraan bermotor adalah iuran wajib yang harus dibayarkan masyarakat untuk tiap kendaraan bermotor yang mereka miliki. Jenis pajak ini diatur oleh pihak pemerintah daerah dan dapat dikenakan sanksi berupa hukuman penjara dan denda materil jika telat atau tidak membayarnya. Keterlambatan pembayaran pajak dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi berbasis Android yang memungkinkan anda mengecek pajak kendaraan bermotor Anda dimana saja.

Demikian artikel Konsekuensi Pajak Kendaraan Telat Dibayar dan Bagaimana Cara Mengatasinya dengan menginstall aplikasi pajak kendaraan bermotor di Android ini. Semoga dapat membantu Anda mengatasi keterlambatan dan tidak lagi lalai dalam membayar kewajiban Anda yakni membayar pajak kendaraan bermotor ini.