BogorGate.com – Menikah adalah sebuah hal yang selalu dinantikan oleh mereka yang telah memasuki usia dewasa. Dalam menyambut pernikahan tersebut, tentunya segala sesuatu haruslah dipersiapkan, mulai dari perencanaan acara hingga persiapan barang-barang yang akan digunakan dalam acara pernikahan tersebut. Salah satu hal yang selalu dipersiapkan menjelang acara pernikahan ini adalah pemberian cincin kawin pada jari kedua mempelai.

Untuk menghadirkan sebuah cincin kawin, pada umumnya cincin berbahan emas seringkali dipilih oleh kedua mempelai sebagai pilihan utamanya. Namun pembelian cincin emas untuk pernikahan tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Beberapa hal tetap harus diperhatikan, agar nantinya cincin tersebut dapat menjadi lambang pernikahan yang mengikat kedua orang yang berbeda dalam satu ikatan.

Dalam pembelian cincin kawin ini, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah budget pembelian cincin tersebut. Ada baiknya Anda dan calon pasangan menetapkan terlebih dahulu budget pembelian yang akan Anda gunakan dalam pembelian cincin kawin ini. pada umumnya cincin kawin dengan bentuk sederhana dipasaran umum memiliki rentan harga pada kisaran 3 jutaan hingga 10 jutaan rupiah. Penetapan budget ini nantinya akan dapat membuat efektivitas pembelian menjadi lebih optimal.

Setelah budget ditetapkan, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan toko ataupun counter khusus yang menyajikan cincin kawin yang terbuat dari bahan emas. Pastikan bahwa toko tersebut memang telah banyak direkomendasikan oleh banyak pasangan sebagai salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan cincin kawin yang Anda inginkan. Pencarian toko atau counter khusus penyaji cincin kawin emas ini, sebaiknya Anda lakukan jauh-jauh hari minimal 2 bulan sebelum acara pernikahan tiba.

Setelah menemukan toko yang tepat untuk Anda jadikan sebagai tempat membeli cincin kawin, hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam pembelian cincin emas sebagai tanda ikatan pernikahan, antara lain adalah:

  • Pilihlah cincin kawin dengan model yang simple dan nyaman untuk dikenakan.
  • Pilihlah model yang ever after atau dapat digunakan minimal dalam jangka waktu 20 tahun kedepan.
  • Sesuaikan bentuk dan ukuran cincin dengan tangan Anda dan pasangan. Sebaiknya belilah cincin kawin yang dibuat khusus dengan ukuran jari Anda dan pasangan.
  • Pilihlah cincin yang mudah dibersihkan, karena nantinya cincin ini akan mudah kotor karena Anda kenakan dalam berbagai aktivitas.

Untuk pemilihan cincin kawin ini, lebih disarankan bagi Anda untuk memilih emas yang memiliki kadar 18 karat. Kadar tersebut biasanya banyak ditawarkan oleh toko khusus yang memang menjual cincin kawin bagi banyak pasangan. Kadar 18 karat ini lebih disarankan karena memang memiliki tingkat keawetan dan tidak mudah berubah. Dengan komposisi yang terdiri dari 75% emas murni, cincin kawin ini mampu Anda gunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Cincin emas dengan kadar 24 karat memang tidak dianjurkan untuk dijadikan sebagai cincin kawin. Hal tersebut lebih dikarenakan kadar 24 karat lebih banyak mengandung logam lunak, sehingga dapat membuat cincin berubah bentuk ketika digunakan. Untuk lebih memastikan bentuk dan ukuran yang pas dari cincin yang akan Anda kenakan, sebaiknya Anda juga melakukan final fitting pada saat melakukan pembelian cincin kawin. Final fitting ini haruslah Anda lakukan pada saat Anda berada pada posisi tenang, dimana temperatur dan suhu tubuh tidak akan mempengaruhi besar dan kecilnya jari Anda, sehingga cincin yang Anda kenakan nantinya akan pas ditangan Anda dan pasangan. (adv)