Bagi Kamu yang sudah berlangganan  paket internet unlimited termurah di rumah, pasti hampir semua gadget kayak komputer, laptop, dan smartphone connect 24 jam. Apalagi, sekarang  harga pasang internet di rumah juga cukup terjangkau. Tapi, kalau gadget seperti laptop terlalu sering dipakai tanpa diistirahatkan, bisa menimbulkan masalah. Biasanya laptop punya masalah klasik yaitu terlalu panas atau overheat. Biarpun ini masalah yang umum terjadi, tapi kalo dibiarin terus menerus bakal merusak berbagai macam komponen lain yang ada di dalam laptop. Komponen laptop yang overheating bisa aja kepanasan, rusak, lalu terbakar. Biar gak overheating, ada beberapa penyebab yang perlu Kamu ketahui kenapa laptop bisa overheat. Apa aja? Simak yuk!

Ventilasi tersumbat

Biasanya setiap laptop punya lubang ventilasi yang berfungsi untuk sirkulasi udara dari dalam dan luar laptop. Ventilasi ini juga berguna untuk membuang udara panas yang dihasilkan oleh laptop. Salah satu penyebab overheat di laptop kamu karena ventilasi yang tersumbat debu dan kotoran di dalamnya. Karena tersumbat, jadinya udara panas yang ada di laptop gak bisa keluar dan laptop kamu jadi overheat, deh.

Penggunaan laptop di tempat yang gak benar

Biarpun kamu sering mager, tapi sebaiknya hindari penggunaan laptop di tempat empuk kayak tempat tidur, bantal, selimut, dan semua permukaan yang gak rata lainnya. Kenapa? Karena, tempat-tempat yang empuk gak mampu menyerap panas dengan baik. Selain itu, kasur atau tempat tidur kamu juga memiliki banyak partikel kecil yang bisa masuk dan mengotori komponen di dalam laptop.

Kipas kotor

Laptop kamu pasti dibekali kipas pendingin di dalamnya. Kipas yang kotor bisa jadi penyebab laptop kamu overheat. Biar gak terlalu panas, buka bagian belakang laptop dan keluarkan kipasnya. Kalo ada banyak debu dan kotoran yang menempel pada kipas bersihkan kipas tersebut dengan kompresor. Setelah itu pasang lagi kipasnya ke dalam laptop.

Kipas rusak

Gak cuma kipas yang kotor, kipas yang rusak juga bisa bikin laptop jadi cepet panas. Soalnya, kalo kipas di laptop kamu mati, gak akan ada udara di dalam laptop. Tanda-tanda kipas di laptop kamu rusak adalah gak ada udara panas yang keluar dari bagian bawah laptop kamu dan gak ada suara kipas yang bekerja pas laptop kamu dinyalain.