Printer merupakan perangkat pelengkap komputer yang sangat penting karena tanpanya komputer tidak dapat menghasilkan cetakan yang diinginkan. Kebutuhan akan percetakan kini semakin besar apalagi bagi pelajar dan mahasiswa yang setiap harinya diberi tugas untuk membuat laporan ataupun tugas yang harus dikumpulkan dalam bentuk salinan hardcopy. Karena besarnya kebutuhan tersebut, membeli printer menjadi solusi yang paling tepat dibandingkan menjadi langganan percetakan yang pastinya akan membutuhkan biaya yang lebih besar. Harga printer baru dan bekas sendiri tidak terlalu mahal apalagi jika Anda memilih untuk membeli printer inkjet dengan kualitas yang sedang.

Printer inkjet adalah jenis printer yang menggunakan cartridge untuk menghasilkan teks atau gambar yang akan dicetak di kertas. Cartridge tersebut berfungsi sebagai pena untuk menghasilkan warna yang dikehendaki sebelum dituliskan di atas kertas. Di belakang cartridge terdapat tampungan tinta yang dikelompokkan menjadi beberapa tabung tergantung dari jenis pewarnaan yang dimiliki. Cartridge inilah yang menjadi komponen paling penting sehingga kebersihannya perlu dijaga. Cartridge juga menjadi komponen yang harus diganti atau sering diganti ketika masa hidupnya telah habis. Namun jangan khawatir karena di toko-toko printer sudah banyak yang menjual cartridge original dari berbagai seri printer.

Cara kerja printer inkjet yang menggunakan cartridge akan memberi Anda kelebihan yaitu:

  • Mencetak teks dengan lebih jelas.
  • Mencetak gambar dengan warna yang lebih rapat.
  • Mudah dicari sparepart nya.
  • Harga yang lebih murah dibandingkan dengan printer laser.

Namun selain membeli printer, Anda juga harus bersiap untuk membeli tinta karena tinta printer inkjet bisa cepat habis tergantung dari jumlah dan kualitas cetakan yang dikeluarkan. Harga tinta untuk printer cukup bervariasi tergantung dari jenis printer dan originalitas tintanya.

Sedangkan untuk harga printer inkjet, dibandrol sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 2,5 juta. Perbedaan tersebut terletak pada kecepatan print, kerapatan warna, bentuk dan dimensi serta fitur yang diberikan. Berikut adalah beberapa jenis printer inkjet beserta kisaran harganya bagi Anda yang ingin membeli sebuah printer untuk kebutuhan pendidikan dan rumah tangga:

  • Inkjet standar.

Untuk kebutuhan print teks dan gambar warna berharga sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 900.000.

  • Printer inkjet scan dan copy.

Dapat dipergunakan untuk kebutuhan scan dan fotokopi, dijual dengan harga berkisar antara Rp. 750.000 hingga Rp. 2 juta.

  • Printer wireless.

Mendukung pencetakan dari hubungan Wi-Fi, sekitar Rp. 1,5 juta.

  • Printer A3 warna.

Dapat mencetak di ukuran kertas A3 dengan kualitas warna yang rapat. Dijual dengan harga sekitar Rp. 6 juta.

  • Designjet.

Digunakan untuk mencetak peta, design dan sebagainya yang memerlukan kertas ukuran panjang. Dijual dengan harga hingga Rp 40 juta.

Itulah beberapa kelebihan, jenis dan harga printer inkjet yang dapat dipilih untuk keperluan Anda sehari-hari. Jika untuk kebutuhan pendidikan dan rumah tangga, maka Anda bisa memilih jenis printer inkjet standar atau all in one untuk kegunaan scan serta foto copy. Dengan memiliki printer sendiri, berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan lebih mudah misalnya mencetak foto resmi, membuat surat, mencetak laporan, mencetak kalender pribadi, mencetak gambar hingga membuat berbagai label dan informasi penting lainnya. Pilihlah printer dari merk yang sudah terpercaya sehingga mendapatkan kualitas printer yang terbaik dengan harga yang sesuai. Jangan lupa untuk menanyakan alamat service centernya di kota Anda untuk pelayanan purna jual yang lebih mudah.