Bogorgate.com – Sebagai salah satu media pemasaran secara online, email marketing ialah segala bentuk promosi yang menggunakan email sebagai sarana dan juga media utamanya. Tentu saja setiap media akan mempunyai kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Seperti halnya dengan email ini, yang mana lebih fokus terhadap pengiriman surat yang isinya bisa bebas, entah itu berupa tulisan ataupun penjelasan tanpa limit karakter kata dan juga bisa ditambahkan dengan gambar, audio atau video yang lainnya. Sehingga, tidak membatasi limit pemasaran melalui surat elektronik tersebut.

Dunia online kini sudah menjadikan alat komunikasi yang sangat penting dan mendekatkan hubungan social hampir setiap orang. Facebook, twitter dan social network lainnya menjadikan dunia semakin sempit, hanya dalam hitungan detik saja orang yang membaca/berteman itu bisa langsung melihat atau membaca pesan yang kita tulis, tetapi social network atau sejenisnya sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan atau melakukan privacy, oleh karena itu orang yang berbisnis akan selalu menggunakan emailnya untuk melakukan komunikasi dengan klien. Di Jakarta sekarang semua perusahaan mempunyai email, entah itu personal staf/ email kariawan atau dengan nama email perusahaan.

Dari penjelasan tersebut, dapat terlihat manfaat dan juga kelebihan yang sangat membantu proses promosi. Berikut ini ialah kelebihan dari pemasaran melalui email, diantaranya:

  • Bisa melakukan promosi lebih eksklusif, atau lebih personal.
  • Dapat mencakup pemasaran yang luas, entah itu pada konten artikel, gambar hingga bentuk video yang lainnya.
  • Waktu pengiriman yang cepat dan tepat, karena bisa dilampirkan secara jelas, dari alamat tujuan, judul hingga beberapa lampiran.
  • Bisa digunakan sebagai pemasaran dan juga berkomunikasi dalam cangkup bisnis tersebut, seperti tanya jawab.
  • Sangat aman, tertarget dan mudah mengoperasikannya.
  • Rahasia terjaga karena email bersifat personal. Jika anda ingin mengirim banyak email sekaligus anda bisa menggunakan email blast.
  • Terlihat profesional untuk melakukan komunikasi dengan perusahaan.
  • Melakukan pendekatan sangat mudah sehingga anda tidak terlalu mengandalkan trik konvensional seperti dulu yang memakan waktu dan biaya besar.
  • Mendapatkan hasil yang maksimal untuk berbisnis, karena email dapat di tujukan kepada sasaran yang tepat dan dijadikan rekan bisnis anda.
  • Lebih cepat karena zaman sekarang email merupakan alamat yang sangat penting dan bisa di setting secara personal pada smartphone, android ataupun apple.

Dibalik kelebihan tersebut, email marketing juga memiliki beberapa kelemahan, yang mana bisa dihandle dengan mudah, seperti:

  1. Email bisa salah alamat yaitu ke spam atau sampah bukan ke inbox.
  2. Terkadang tidak bisa diterima dalam waktu yang bersamaan dan juga tidak selalu bisa dijawab dalam waktu yang cepat.
  3. Tidak semua calon konsumen yang ditargetkan mempunyai email.

Itu adalah beberapa kelebihan dan kelemahan jika kita menggunakan email marketing dalam berbisnis. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal anda juga dapat menggunakan jasa digital agency yang anda percaya, terimakasih atas kunjungan anda dan tunggu artikel terupdate selanjutnya dengan tips, manfaat dengan menggunakan media lain. (ads)