Sakit gigi memang selalu diidentikan dengan penyakitnya anak-anak. Ya, hal itu dikarenakan anak-anak memang sangat menyukai makanan-makanan yang manis. Dengan demikian, sudah seharusnya bagi kita sebagai orang tua untuk menyuruhnya agar selalu menyikat gigi sebanyak 2 -3 kali dalam sehari. Saat si mungil terserang sakit gigi, tak sedikit para orang tua yang kebingungan dalam mengobatinya. Namun bunda tidak perlu khawatir lagi, karena pada ulasan kali ini akan mengulas seputar beberapa cara alami untuk mengobati sakit gigi anak. Seperti yang dilansir dari popmama, setidaknya ada 4 cara alami yang terbukti ampuh dalam mengatasi sakit gigi pada anak :

  1. Menggunakan Es Batu

Cara alami pertama yang terbukti ampuh dalam mengatasi sakit gigi pada anak, yakni dengan menggunakan es batu. Mengenai cara penggunaannya, siapkan beberapa buah es batu lalu masukan kedalam kantong plastik atau kain bersih. Selanjutnya kompreskan pada bagian pipi si mungil yang terasa sakit. Cara ini memang tidak menyembuhkan secara total, namun setidaknya dapat meredakan rasa sakitnya.

  1. Menggunakan Garam Dapur

Cara alami kedua yang terbukti ampuh dalam mengatasi sakit gigi pada anak, yakni dengan menggunakan garam dapur. Berdasarkan dari hasil penelitian, garam mengandung senyawa yang mampu membunuh bakteri penyebab timbulnya rasa sakit dibagian gigi. Mengenai cara menggunakannya, siapkan garam secukupnya lalu larutkan kedalam air hangat. Setelah itu, suruh si mungil untuk berkumur dengan air garam tersebut.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Cara alami berikutnya yang terbukti ampuh dalam mengatasi sakit gigi pada anak, yakni dengan menggunakan bawang putih. Sama halnya dengan garam, keberadaan bawang putih juga tidak pernah absen dari ruangan dapur. Soal cara penggunaannya, siapkan 1 butir bawang putih, kupas kulitnya, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya sisipkan bawang putih tersebut kebagian gigi simungil yang terasa sakit, dan diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu berkumurlah sampai bersih.

  1. Menggunakan Biji Alpukat

Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, siapkan biji buah alpukat lalu tumbuk sampai halus. Sematkan pada gigi si kecil yang terasa sakit, diamkan kurang lebih sekitar 20 menit. Setelah itu berkumur lagi sampai bersih.

Itulah 4 cara alami yang terbukti ampuh dalam mengatasi masalah sakit gigi pada anak. Disamping itu, bunda juga jangan sampai lupa untuk selalu menyuruhnya menggosok gigi secara rutin dan teratur.