Sebagian besar orang yang baru memiliki mobil tentu akan kelimpungan dalam perawatan mobil. Tentu mereka akan bertanya-tanya, apa sih yang harus kita mulai dalam perawatan mobil? Ya, itu merupakan pertanyaan umum yang kerap dilontarkan oleh mereka yang masih awam dalam perawatan mobil.

Terlepas dari hal itu, perawatan mobil sangat wajib dilakukan untuk meminimalisir kerusakan-kerusakan pada komponen mobil secara keseluruhan. Berbicara soal merawat mobil, ada beberapa tips cara merawat mobil yang dikhususkan untuk orang-orang yang masih awam. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut di bawah ini ada 4 tips perawatan mobil bagi kamu yang masih awam :

  1. Periksa Kondisi Aki Mobil

Seperti dilansir dari berita otomotif terbaru, ada tiga hal yang harus kita ketahui dalam memeriksa kondisi aki mobil. Yang pertama, kamu harus memastikan bahwa air aki berada pada garis normal. Apabila air aki tersebut berada di garis terendah, itu artinya kamu harus menambahkan lagi volume air akinya. Yang kedua, cek tegangan aki dengan menggunakan voltmeter, dan pastikan bahwa tegangan aki harus berada pada 12 volt. Yang ketiga, bersihkan bagian kutub positif dan bagian kutub negatifnya.

  1. Periksa Oli Mobil

Perlu kamu ketahui, oli memiliki batasan dalam penggunaan jarak tempuhnya. Biasanya, oli hanya akan bertahan sampai 5 ribu hingga 10 ribu km. Apabila oli tersebut tidak segera diganti, jangan heran jika oli akan jadi kotor sehingga dapat merusak kondisi mesinnya. Mengenai cara memeriksa oli mobil, cobalah teteskan sedikit kebagian tangan. Jika olinya terasa seperti ada butiran-butiran kasar, maka kamu harus segera mengganti oli tersebut dengan yang baru.

  1. Periksa Radiator Mobil

Radiator juga merupakan salah satu komponen penting yang harus kita rawat, karena fungsi radiator itu sendiri sebagai pendingin mesin mobil. Dalam hal ini, pastikan bahwa radiator tidak kekurangan air. Jika radiator kekurangan air, maka mesin mobil akan mudah mengalami overheat (panas).

  1. Periksa Ban Mobil

Kamu bisa memeriksa ban mulai dari mengecek tekanan angin, dimana tekanan angin pada ban itu harus berada di angka 30 – 33 mpv. Tak hanya itu, kamu juga harus memeriksa bagian kaki-kakinya seperti as roda, power steering, terroid, dan sebagainya.

Itulah 4 tips cara merawat mobil bagi orang yang masih awam. Akhir kata cukup sekian, dan selamat mencoba tipsnya.