Google adalah sebuah mesin pencarian otomatis terbesar di dunia, yang menggunakan sistem kerja berbasis jaringan internet. Aplikasi yang sering diidentikkan dengan mesin ajaib ini, tidak hanya akan memberikan kemudahan bagi kita untuk mendapatkan berbagai informasi terkait dengan berbagai hal, ilmu pengetahuan dan berita terkini saja. Bahkan Anda juga dapat memanfaatkan mesin pencarian otomatis ini, untuk menjalankan dan lebih memperkenalkan bisnis ataupun usaha yang sedang Anda jalankan, dengan memanfaatkan space iklan Google yang memang telah disediakan oleh pengelola mesin otomatis tersebut. Tidak hanya memungkinkan produk Anda dikenal secara lebih luas, namun biaya yang harus Anda tanggung pun tidak akan sebesar biaya iklan yang ditetapkan oleh media lainnya, sehingga akan lebih membuat budget pengeluaran Anda lebih hemat.

Space iklan yang dibuat oleh Google merupakan space Adwords, dimana ketika seseorang mencari informasi terkait dengan suatu hal dan berhubungan dengan usaha Anda, maka Google akan secara otomatis menampilkan pilihan website atau situs jual beli online Anda sebagai pilihan utama, yang nantinya akan dipasang sebagai tautan pada halaman awal pencarian dengan menggunakan Google. Secara tidak langsung hal ini dapat diartikan bahwa jika Anda ingin memanfaatkan space yang diberikan oleh Google untuk beriklan, maka Anda harus terlebih dahulu memiliki website khusus untuk memperkenalkan produk ataupun usaha yang sedang Anda jalankan.

Namun bagi Anda yang memang belum memiliki situs jual beli online ataupun website resmi yang dapat Anda gunakan untuk memperkenalkan produk Anda melalui iklan Google, Anda tak perlu khawatir, karena Google sendiri menyediakan berbagai alternatif lain bagi Anda, untuk dapat tetap memasang dan memperkenalkan produk Anda kepada khalayak umum, melalui mesin pencarian otomatis yang satu ini. Adapun alternatif cara tersebut, antara lain adalah:

  • Anda akan disediakan fasilitas untuk membuat website gratis, melalui fitur yang disediakan oleh Google, yang bernama Google Sites, sehingga Anda dimungkinkan untuk membuat website secara gratis melalui fasilitas tersebut.
  • Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan pembuatan situs ataupun website, maka Anda dapat memanfaatkan halaman lokal yang disediakan oleh Google dengan tajuk Google Bisnisku dan memanfaatkan halaman tersebut untuk dapat memasang iklan sesuai dengan kebutuhan.

 

Google Adwords, sebagai space iklan yang disediakan oleh Google memang dapat memberikan kemudahan, dimana nantinya akan dapat membuat para pengakses memilih untuk masuk ketautan menuju website usaha ataupun produk yang Anda jual. Oleh karenanya ketika Anda membuat sebuah website untuk ditautkan dalam space iklan yang disediakan oleh Google, berikanlah informasi secara lengkap dan detail dari produk yang Anda tawarkan, di halaman awal website usaha Anda, agar para calon konsumen lebih dapat Memperoleh informasi secara lebih lengkap mengenai produk tersebut, dan pada akhirnya akan melakukan pembelian produk tersebut.

Memanfaatkan space iklan Google  , memanglah dapat memberikan manfaat yang lebih bagi usaha yang sedang kita jalankan. Tidak hanya dalam kategori lokal saja, bahkan jika kita beruntung pun, para peselancar dunia maya yang berada di luar negara pun, akan dapat mengakses situs yang kita miliki, sehingga mereka lebih mengenal produk kita dan akhirnya melakukan pembelian produk tersebut. Memanfaatkan space iklan yang disediakan oleh Google memang dapat memberikan kemudahan dan manfaat yang lebih bagi usaha yang sedang Anda jalankan. Oleh karenanya aturlah sedemikian rupa, agar nantinya usaha Anda akan lebih dikenal oleh khalayak umum.