Alat memasak di dapur yang menghasilkan tingkat panas tinggi ini, memang dibutuhkan oleh setiap rumah tangga yang ada dibumi. Selain untuk dijadikan sebagai alat utama dalam pembuatan berbagai masakan dalam rumah tangga, kompor juga dapat digunakan untuk membuat berbagai keperluan memasak lainnya. Fungsi penting dari kompor inilah, yang kemudian membuat orang ingin membelinya dalam kualitas yang terbaik. Jenis kompor yang saat ini banyak digunakan oleh hampir semua ibu rumah tangga di Indonesia adalah kompor gas. Selain harga kompor gas yang terjangkau, bahan pengisian kompor pun mudah didapatkan, karena memang telah menjadi program wajib dari pemerintah dalam hal pengadaan bahan bakar gas bagi rumah tangga di Indonesia.

Untuk dapat fungsikan kompor gas dengan baik, maka dibutuhkan beberapa komponen pendukung dalam mengoperasikan kompor gas ini. Berikut ini beberapa bagian dan komponen pendukung yang harus tersedia untuk dapat mengoperasikan kompor gas dengan baik, yang antara lain adalah:

  • Pematik api, bagian ini terdapat pada sisi bawah tungku kompor, dan terhubung dengan sakelar ataupun knock on off pada kompor gas. Bagian ini berfungsi sebagai penghasil api, yang nantinya akan membuat kompor gas menyala, setelah dialiri dengan gas yang berasal dari tabung gas.
  • Cincin burner, merupakan bagian yang terdapat di atas tungku kompor, dan mempunyai fungsi untuk membentuk api yang dihasilkan kompor menjadi dalam bentuk lingkaran, atau mengelilingi tungku, sehingga dapat digunakan untuk memasak.
  • Selang, bagian ini berfungsi untuk menyalurkan gas dari tabung gas menuju kompor, sehingga dapat digunakan sebagai sumber pengapian pada kompor.
  • Regulator, merupakan bagian yang digunakan sebagai penahan tekanan gas, yang dikeluarkan oleh tabung gas, untuk kemudian disalurkan melalui selang menuju kompor gas.

Bagian regulator ini sering kali dikeluhkan mengalami kebocoran, karena memang harus menahan tekanan yang besar yang timbul dari tabung gas. Apabila membran tekanan yang terdapat pada regulator jebol, akibat tekanan yang keras pada tabung gas, maka dapat dipastikan bahwa hal tersebut akan mengakibatkan bocornya regulator. Kebocoran regulator ini, biasanya dapat kita identifikasi dengan timbulnya bau gas yang menyengat, meskipun kompor dalam keadaan tidak terpakai. Oleh karena itulah, segera lepas regulator, apabila timbul bau gas yang menyengat. Selain itu periksalah secara rutin karet yang terdapat pada kepala gas, karena karet tersebut juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap kerja dari regulator.

Untuk jenis kompor gas sendiri dipasaran dapat kita temukan dalam beberapa versi seperti versi satu tungku dan dua tungku, yang biasa digunakan dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari. Harga kompor gas satu tungku sendiri berkisar mulai dari 150 ribuan rupiah, bergantung dari merek dan kualitas yang akan Anda beli. Sedangkan untuk jenis kompor gas dua tungku, dipasaran umum dibandrol dengan harga mulai dari 300 ribuan rupiah, yang juga bergantung pada kualitas dan merek yang Anda pilih.

Sedangkan kompor gas yang biasa digunakan untuk memasak dalam industri seperti restoran ataupun hotel, biasanya kompor tersebut akan dibuat dan desain secara khusus, sesuai dengan kebutuhan industri yang menggunakannya. Tabung gas yang digunakan untuk jenis kompor gas ini, merupakan tabung gas non subsidi yang khusus diperuntukkan untuk sebuah industri. Harga kompor gas khusus untuk industri ini juga memiliki banderol harga yang tinggi mencapai puluhan juta rupiah, bergantung pada kualitas bahan pembuatan dan model khusus yang didesain dan dibutuhkan oleh industri tersebut.