Semenjak kecil pasti sudah diajarkan jika menabung adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Hal ini lantaran memang tabungan sangat penting adanya sehingga bisa dijadikan sebagai langkah berjaga-jaga atau simpanan untuk masa depan. Namun banyak sekali orang yang seringkali beralasan tidak bisa menabung karena gajinya tak banyak, misalnya saja gaji 4 juta. Gaji 4 juta memang bukan gaji yang terbilang banyak. Meski begitu gaji tersebut jika diatur kembali sebetulnya masih bisa dibagi menjadi beberapa bagian sehingga tetap bisa menabung.

Berikut ini beberapa tips bagi Anda yang punya gaji 4 juta namun tetap ingin menabung, diantaranya:

  • Buat catatan keuangan

Pertama buat catatan keuangan Anda mulai dari pemasukan dan juga pengeluaran. Jika Anda bisa membuat catatan keuangan dengan valid, maka Anda akan bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Susun rapi semua catatan keuangannya dan bagi ke dalam pos secara rapi. Dengan demikian maka Anda akan bisa mengalokasikan dana dengan lebih mudah.

  • Tabung di awal

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan adalah dengan menyisihkan pos tabungan di akhir. Dengan demikian maka jangan heran jika akhirnya uang tabungan tak bersisa pada akhirnya. Jadi cara terbaik adalah menyisihkan uang tabungan di awal waktu gajian. Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah yang sesuai dengan kondisi keuangan. Namun pastikan langsung sisihkan uang tabungan di awal gajian.

  • Anggarkan

Buat anggaran keuangan terbaik dengan uang 4 juta tersebut. Berikut ini contoh anggaran yang bisa Anda bagikan:

  • Tabungan = 800 ribu.
  • Kebutuhan harian = 1,2 juta.
  • Hobi = 600 ribu.
  • Sosialisasi = 400 ribu.
  • Liburan = 600 ribu.
  • Asuransi dan dana darurat = 300 ribu.

Contoh anggaran semacam ini sudah cukup mencakup kebutuhan dalam sebulan dan semuanya tercukupi. Anda bisa mengubah semua anggarannya sesuai dengan kondisi kehidupan Anda sendiri sehingga bisa sesuai kebutuhan.

  • Disiplin

Jika semua catatan sudah Anda cek kembali beserta dengan perencanaan keuangan dan pembagiannya, maka yang terakhir dan wajib Anda lakukan adalah disiplin dengan hal tersebut. Pastikan untuk selalu sisihkan sesuai rencana awal. Memang kadang ada penyesuaian di sana sini, namun jangan sampai melenceng dari perencanaan awal karena hal ini akan jadi menyulitkan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menabung namun tetap bahagia dengan gaji 4 juta. Anggaran tersebut sudah mencakup tabungan untuk bisa investasi atau tabungan biasa, kebutuhan harian tercukupi misalnya makan dan kebutuhan lain, hobi serta pengembangan diri, sosialisasi jika misalnya ada sumbangan pernikahan atau acara kumpul-kumpul, liburan demi bisa relaksasi sampai asuransi serta dana darurat demi proteksi diri.