10Agu2015
17Agu2015

Kawasan Puncak, Bogor di Provinsi Jawa Barat.

World Paragliding Accuracy Championship 2015 Di Puncak Bogor

From 07.00 until 16.00

At Kawasan Puncak, Bogor di Provinsi Jawa Barat.

Kawasan Puncak, Bogor di Provinsi Jawa Barat.

Wahyu Yudha / +62 818 142167; +62 822 6060 6800

Bogorgate.com – Untuk pertama kalinya, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Ketepatan Mendarat Paralayang (World Paragliding Accuracy Championship/WPAC) ke-8. Ajang internasional tersebut akan berlangsung pada 10-17 Agustus 2015.

Lokasi yang terpilih adalah Kawasan Puncak, Bogor di Provinsi Jawa Barat. Hal yang menjadi istimewa adalah event internasional tersebut baru pertama kali dilaksanakan di luar Eropa dan Indonesia yang terpilih. Federation Aeronautique Internationale (FAI) menyetujui Kawasan Puncak menjadi penyelenggaraan kejuaran dunia Paralayang yang sudah digelar delapan kali itu karena dinilai memiliki topografi ideal sebagai lokasi kejuaran paralayang dunia.

Kejuaraan Paralayang WPAC ini rencananya akan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pariwisata, Pememerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dan Pemmeritah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Total ada 3 medali emas di kejuaraan dunia 2015 yang diperebutkan. Setidaknya 135 Paralayang terbaik dunia dari 19 negara akan bertanding dalam kejuaraan yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu: perorangan putra, perorangan putri, dan beregu, dimana setiap negara bisa mengirimkan maksimal 10 orang wakilnya.

Mereka yang ikut serta dalam kejuaraan ini hanya penerbang yang masuk dalam rangking 50 besar dunia. Turnamen ini juga akan melibatkan enam juri internasional diantaranya tiga juri dari Asia dan tiga juri dari Eropa. Indonesia sendiri akan mengirimkan 10 atlet paralayang yang terdiri dari lima putra dan lima putri, diantaranya adalah: Thomas Widyananto, Alexander H, Arief Kurniawan, Nanang Sunarya dan Dede Supratman, Lis Andriana, Ike Ayu Wulandari, Rina Kusumaningrum, Milawati Sirin, dan Dian Rosnalia.

Persatuan Olahraga Dirgantara Gantole dan Paralayang (PGPI) PB Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) mengincar minimal satu emas dari sektor perorangan. Indonesia mengandalkan Liz Andriyana, juara dunia 2013. Satu medali emas menjadi incaran dari sektor perorangan putri.

Peluang lainnya diincar dari sektor putra. Ada 6 negara yang akan menjadi saingan Indonesia yakni, Ceko, Slovenia, Serbia, Korea, Jepang, dan Thailand. Puncak merupakan daerah tujuan wisata pegunungan yang masuk dalam dua wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Puncah sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahannya bahkan telah memukau Presiden Soekarno saat itu sehingga ia membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahannya yang kemudian diberi nama Restoran Riung Gunung.

Selain pemadangannya lansekap alam perbukitan dan kebun teh yang elok, puncak juga menawarkan beberapa tujuan dan atraksi wisata yang menarik seperti Taman Safari, Kebun Bunga, dan sebuah masjid indah dengan arsitektur yang khas, yaitu Masjid Atta’awun. Informasi dan keterangan hubungi pihak berikut. www.wpac2015indonesia.com

Wahyu Yudha

wahyuyudha@yahoo.com

+62 818 142167; +62 822 6060 6800