BogorGate.com – Athena yang dikenal sebagai “kota para dewa” merupakan ibukota sekaligus kota terbesar di Yunani. Dengan luas wilayah sekitar 412 Km2, Athena merupakan salah satu kota tertua di dunia, yang berdasarkan sejarah tercatat telah ada sekitar 3400 tahun.

Athena adalah sebuah kota dari paduan budaya modern dan klasik. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara untuk berkunjung.

Nah jika Anda tertarik untuk menyambanginya, siapkan saja Kartu Kredit Mastercard Anda. Karena siapa tahu ada beragam promo atau diskon yang dihadirkan hotel atau penerbangan yang akan memudahkan keinginan Anda untuk berwisata ke Kota Athena di Yunani berikut ini :

Asal Peradaban Barat

Kota Athena merupakan kota yang kaya akan warisan arsitektur era klasik. Hal itu diwakili oleh monument kuno dan karya seni seperti bangunan terkenal Parthenon. Peninggalan tersebut menjadikan kota klasik ini sering disebut sebagai kunci atau asal muasal peradaban barat.

Arsitektur Athena menggabungkan beberapa gaya, seperti Yunani -romawi dan neoklasik hingga modern, yang dapat ditemukan di hampir semua wilayah di kota tersebut. Meskipun begitu, gaya arsitektur semua bangunannya tidak ada keseragaman.

Di Kota Athena terdapat dua situs warisan dunia UNESCO, yaitu The Acropolis of Athens dan The Medieval Daphni Monastery. Bangunan Acropolis sempat di renovasi dalam rangka menyambut Olimpiade Athena tahun 2004 lalu. Athena juga merupakan kota tuan rumah untuk olimpiade modern pertama pada tahun 1896.

Tujuan Wisata di Athena

Berwisata ke kota klasik dan bersejarah tentunya tidak lengkap kalau tidak mengunjungi tempat-tempat bersejarah dari jaman Yunani  kuno. Beberapa tempat tersebut diantaranya adalah Museum Acropolis, yang menyimpan benda-benda warisan budaya dan karya seni Yunani Kuno. Museum ini dibuka kembali pada tahun 2009. Popular dikalangan turis mancanegara dan dikunjungi hampir 1 juta orang selama periode bulan juni hingga oktober 2009.

Selain itu ada juga Parthenon, sebuah kuil yang dibangun untuk dewi Athena dan dijadikan sebagai pelindung Athena pada abad ke 5 sebelum masehi. Bangunan ini dianggap sebagai symbol Yunani  kuno dan demokrasi Athena. Parthenon sangat terkenal, bahkan telah menjadi salah satu monument budaya terbesar di dunia.

Adapun Acropolis Athena, sebuah reruntuhan kuno peninggalan Yunani kuno yang wajib Anda kunjungi. Acropolis Athena menjadi monumen unggulan dalam daftar monumen pusaka budaya Eropa pada maret 2007 lalu.

Pembatasan Plat Nomor Ganjil-Genap

Selain obyek wisatanya, ada juga fakta menarik tentang kota yang satu ini. Di Kota Athena ada sebuah peraturan unik dalam berkendara. Mereka memberlakukan sistem ganjil genap pada plat nomor polisi yang akan melewati wilayah pusat Kota Athena yang disebut sebagai lingkar Athena atau Daktylios Athinon, yang luasnya sekitar 13 Km2. Pembatasan kendaraan ini diberlakukan untuk mengurangi kemacetan di daerah tersebut. Pembatasan berlaku untuk kendaraan pribadi. Sedangkan bus umum, sepeda motor, mobil hybrid, ambulan, mobil dinas pemerintah, mobil diplomat dan mobil sewaan diperbolehkan untuk melintas.

Penerapan peraturan ini telah diberlakukan sejak Juni 1982 lalu dan diberlakukan pula denda yang tinggi bagi yang melanggar. Sistem ini masih diberlakukan hingga sekarang bahkan tengah dikaji ulang untuk melarang semua kendaraan untuk tidak melewati daerah lingkar Athena.

Pemberlakuan sistem kendaraan berpelat nopol terakhir genap tidak boleh melintas pada tanggal-tanggal genap. Begitupun dengan kendaraan berplat nopol terakhir ganjil tidak boleh melintas pada tanggal-tanggal ganjil. Berlaku dari hari senin hingga kamis, pada jam 7 pagi hingga jam 8 malam. Sedangkan pada hari jumat berlaku dari jam 7 pagi hingga jam 3 sore. Namun tidak berlaku di hari libur nasional, musim panas dan ketika terjadi peristiwa darurat seperti demonstrasi.

Museum Mobil Tua

Museum mobil klasik yang ada di Athena sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Disini Anda akan dibawa ke dalam lorong waktu dengan koleksi mobil-mobil kuno yang beragam. Museum yang diberi nama Hellenic Motor Museum ini dibuka pada Maret 2011 lalu. Lokasi museum ini berada di pusat kota Athena, dekat dengan museum Arkeologi Nasional. Museum yang dimiliki oleh Theodore Charagionis’ Foundation ini memiliki koleksi mobil sekitar 300 unit dan sekitar 110 mobil dipamerkan secara berkala.

Berlokasi di tiga lantai teratas gedung Athenian Capitol Shopping Mall, koleksi-koleksi mobil di museum ini terdiri dari mobil klasik seperti Ford Super Two tahun 1962, Willys Whippet 6 Roadster tahun 1929, Mercedes 300 Sl Gullwing yang dimiliki oleh Paul Newman pada tahun 1952 dan merupakan mobil yang tercepat di masanya.

Yang menarik, mobil-mobil ini dipamerkan dalam formasi yang unik, membuat pengunjung merasa betah melihat koleksi-koleksi mobil antik ini. Mobil tertua yang ada di museum tersebut adalah mobil pemadam kebakaran dari Hungaria, yang dilansir berasal dari tahun 1895.

Cine Thisio, Bioskop Terbuka Tertua di Athena

Athena merupakan rumah bagi bioskop di luar ruangan, yang diadakan selama musim panas. Dari sekian banyaknya tempat menonton film di area terbuka ini, Cine Thisio adalah yang paling megah dan paling tua.

Bisokop tertua ini dibangun pada tahun 1935, yang dibuka setiap bulan April hingga Oktober. Dari tempat duduk, para penonton tidak saja disuguhi tontonan film-film layar lebar, tetapi juga sekaligus dapat menikmati keindahan pemandangan Acropolis dan Parthenon yang berada dikejauhan. Bioskop ini juga yang paling dekat dengan Gunung Olympus.

Itulah beberapa destinasi wisata kota Athena, “Kota Para Dewa” yang menarik untuk ditelusuri. Jika Anda tertarik ingin mengunjunginya, Anda dapat menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Kabar baiknya, saat ini maskapai Garuda Indonesia sedang memiliki promo khusus hingga 31 Januari 2016. Anda dapat melakukan pembayaran pembelian tiket secara online, Travel Agent maupun secara langsung ke tiket office menggunakan metode pembayaran dengan Kartu Kredit BCA tentunya. Harga khusus untuk International berlaku untuk pembelian perorangan dengan cicilan hanya sebesar 0% selama 3 & 6 bulan dengan ketentuan yang berlaku. Jadi pastikan Anda sudah memiliki kartu kredit dari Bank BCA ya! Selamat berwisata! (ads)