BogorGate.com – Kota Bogor selain terkenal dengan kota destinasi kuliner yang khas, juga memiliki banyak kerajinan tangan (handycraft) dan seni rupa yang banyak diburu para pelancong, baik lokal maupun mancanegara.

Puluhan kelompok handycraft yang ada di Kota Hujan, masuk ke dalam kelompok Dekranasda Kota Bogor, yang beralamat di Jalan Bina Marga No.1B, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor.

Salah satu dari sekian puluh kerajinan itu bernama Bengkel Kratif. Bengkel yang ada di Kampung Bojong Pesantren RT/RW 01/03, Bojong Kerta, Bogor Selatan, Kota Bogor ini, berdiri sejak tahun 2009.

Rahmat Ade Royani, pemilik Bengkel Kreatif sedikit bercerita tentang usahanya ini beberapa waktu lalu. ”Nama bengkel kreatif ini biar simpel aja, dengan kesimpelan itu teman-teman sesama orang kreatif bisa berkumpul di sini. Alhamdulillah, teman-teman yang awalnya bergabung, sudah bisa membangun usaha yang sama, namun berbeda produk,” ungkapnya.

Kerajinan yang dirintis oleh Rahmat, mayoritas menggunakan bahan baku dari pelepah pohon pisang. Sementara beberapa bahan lainnya berasal dari limbah kertas.

”Kerajinan yang dihasilkan bengkel ini, 90 persen bahan bakunya dari pelepah pohon pisang. 10 persen sisanya dari limbah kertas PT. Adelia di Jalan Warung Nangka, dan tali-talinya kita pasok dari Kota Bandung.”

Dengan bahan baku di atas, Bengkel Kratif ini mampu menghasilkan aneka kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi seperti kotak tisu, celengan, kotak pensil, bingkai foto, note book, sandal, tas, boks kado, dan lain sebagainya.

”Kita menjual produk-produk di atas mulai harga 10 ribu (rupiah), hinnga 80 ribu (rupiah),” lanjutnya.

Suka duka dalam menjalankan usaha ini, terang Rahmat, ketika banyak order, ia merasa girang, dan bisa membantu teman-teman di kampung untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sementara hal sebaliknya, jika orderan barang tengah sepi, tak sedikit dari teman-temannya yang memilih keluar untuk mencari pekerjaan lain, yang menawarkan penghasilan jauh lebih besar.

Alamat :

Showroom : Bojong Pesantren. RT 01/03 Kel Bojong Kerta Kecamatan Bogor Selatan

Workshop : Bojong Pesantren. Rt. 01/03 Kel. Bojong Kerta Kec. Bogor Selatan

Pemasaraan :

Toko : Priangan Sari, Tajur Fashion

Galeri : Galeri Kerajinan Dekranasda Kota Bogor di P2 Mall Botani Square

Telp : 08568141006