Pernahkah Anda berpikir bagaimana caranya agar sebuah nasi kuning dapat berbentuk kerucut pada hantaran tumpeng acara syukuran atau acara tertentu? Nasi kerucut tersebut tentu dibuat dengan cetakan stainless steel yang berbentuk kerucut. Agar nasi kuning dapat memiliki bentuk kerucut yang sempurna, maka nasi yang ditanak harus dicampur dengan ketan. Kemudian ketika nasi kuning sudah tanak, Anda isi cetakan stainless steel berbentuk kerucut dengan nasi kuning tersebut. Dan ikutilah tiga langkah di bawah ini agar nasi kerucut tertata rapi di atas tampah beralas dedaunan pisang.

Pengisian Nasi Kuning ke Cetakan Stainless Steel Berbentuk Kerucut

Pertama, isilah cetakan stainless steel berbentuk kerucut dengan nasi kuning yang telah tanak atau matang. Anda perlu mengisinya hingga padat agar terbentuk kerucut yang sempurna. Namun, sebelumnya, oleskan di setiap permukaan dalam cetakan tersebut dengan minyak. Tujuannya agar nasi kuning yang tercetak dapat keluar dari cetakan tanpa hancur.

Mengeluarkan Nasi Kuning Berbentuk Kerucut dari Cetakan Stainless Steel

Kedua, setelah Anda pastikan nasi kuning yang terisi di dalam cetakan stainless steel penuh dan padat, maka keluarkan. Caranya adalah dengan memiringkan terlebih dahulu cetakan stainless steel tersebut. Kemudian atur tepat dibagian tengah dan berdirikan. Angkat secara perlahan-lahan cetakan stainless steel berbentuk kerucut tersebut. Pastikan nasi kuning dapat terlepas dari cetakan.

Hiasi Setiap Sisi Nasi Kerucut dengan Lauk-Pauk dan Lalapan Segar

Ketiga, setelah Anda berhasil membentuk nasi kuning kerucut, selanjutnya adalah belajar menghias. Untuk lauk-pauk seperti telur ayam rebus, Anda bisa membiarkannya dalam posisi utuh atau membaginya menjadi dua potong. Untuk lauk-pauk seperti ayam rebus atau ayam goreng, Anda dapat membaginya menjadi beberapa potong. Atau, menyajikannya dalam bentuk ayam suiran agar mudah dinikmati. Sedangkan untuk lauk-pauk seperti irisan telur dadar, abon sapi, kering tempe, kering kentang, kacang goreng, dapat ditata melingkar mengikuti bentuk nasi kerucut tersebut. Selanjutnya, untuk lalapan usahakan dalam kondisi segar. Mulai dari timun, tomat, cabai, selada, kobis. Untuk timun, tomat, cabai, Anda bisa membentuknya seperti bunga.

Itulah ketiga cara yang dapat Anda pelajari untuk menata dan menghias nasi kerucut. Asalkan Anda mengikuti setiap tahapannya, maka nasi kerucut akan tersaji secara rapi dan lezat. Sehingga Anda sudah dapat membuat nasi kerucut sendiri ketika hendak mengadakan syukuran di rumah.

Jika anda tidak punya banyak waktu untuk melakukan itu semua. Anda bisa memesan nasi kuning di Dapur Solo. Anda bisa memilih berbagai variasi nasi kuning box dan juga tumpen. Silahkn kunjungi website resmi Dapur Solo untuk lebih jelasnya.