Tentu saja mobil tak hanya di chek atau di rawat  bagian mesin dan bodynya. Namun sebaiknya kita juga harus mengechek bagian kaki-kaki mobil tersebut. Terutama saat mobil digunakan pada perjalana  jarak jauh. Karena yang namanya kaki-kaki pada bagian mobil ini mendapatkan tekanan yang paling besar. Sehingga jika tidak di lakukan perawatan atau pengechekan yang maksimal, tentu akan ada berbagai macam masalah dan juga kendala. Apalagi kaki-kaki mobil tersebut berhubungan juga dengan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Jika ada kerusakan pada bagian kaki-kaki mobil, ternyata bisa berdampak juga dengan komponen atau bagian yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh bagian kaki-kaki pada mobil yang perlu anda chek dan juga rawat, diantaranya yaitu :

  1. Shockbreaker

Fungi utamanya adalah membantu untuk meredam berbagai macam guncangan yang biasanya terjadi karena kondisi jalan yang kurang bagus. Shockbreaker ini sendiri terbuat dari bahan baja yang anti karat, sehingga sangat awet dan juga tahan lama. Namun jika sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan sering, akan membuat kinerjanya menjadi kurang maisimal, sehingga membuat mobil yang dikendarai menjadi terasa kurang nyaman. Untuk mendeteksinya, anda bisa memperhatkan apakah ada suara bising ketika mobil sedang melaju.  Atau mencoba memacu mobil tersebut dengan kecepatan tinggi di jalan yang lurus, jika terasa limbung maka pertanda kalau anda harus segera mengganti shockbreaker yang baru.

  1. Bushing arm

Kemudian ada bushing arm yang fungsinya sendiri adalah sebagai titik tumpu roda dan juga sebagai lengkan untuk pencengkeram roda.  Alat ini memang sangat vital sekali untuk membantu meredam getaran yang ada, terutama antara sambungan komponen suspensi pada bagian kaki-kaki mobil yang lainnya. Namun jika bushing arm ini rusak atau bermasalah, maka akan membuat mobil pun terasa kurang nyaman ketika sedang di kendarai.  Untuk mendeteksinya maka anda bisa mencoba melaju dengan kencang, da merasakan apakah mobil melenceng ke bagian kanan atau kiri.  jika mobil melenceng, maka sebaiknya anda segera mengganti bushing arm yang baru atau memperbaikinya.

  1. Bearing

Bagian kaki mobil selanjutnya yang juga butuh perawatan adalah bearing. Fungsinya sendiri sebagai bantalan roda, agar bisa membantu mobil menjadi stabil sata melaju. Jika ada suara gemuruh ataupun bising saat mobil melaju, pertanda kalau bearing pada mobil anda yang bermasalah.

  1. Ban

Tentu saja ban mobil pun menjadi salah satu komponen yang penting untuk anda chek dan juga rawat. Terlebih lagi ban memang sangat mempengaruhi sekali perjalanan anda dalam berkendara.  Anda bisa melakukan rotasi ban untuk menjaga performa ban mobil.

Berbagai macam artikel otomotif menarik lainnya, bisa anda dapatkan hanya dengan klik saja situsnya di mobibaru.com