Perlu anda ketahui, vaksinasi alias imunisasi pada bayi dalam rangka untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Namun, biasanya bayi akan mengalami demam setelah dilakukannya imunisasi. Maka dari itu, jangan heran jika pasca imunisasi bayi selalu terserang demam. Akan tetapi, kita sebagai orang tua selalu dibuat kerepotan saat bayinya rewel karena demam. Lantas, bagaimana cara mengatasi bayi yang rewel pasca imunisasi ? Nah, bagi anda yang belum mengetahuinya, berikut dibawah ini ada 4 solusi cara mengatasi bayi yang rewel pasca imunisasi.

  1. Memberi ASI Sebanyak Mungkin

Solusi pertama untuk mengatasi bayi rewel pasca imunisasi, yakni memberikan ASI sebanyak mungkin kepadanya. Salah satu penyebab mengapa bayi selalu rewel saat demam, dikarenakan ia banyak mengeluarkan cairan dari tubuhnya sehingga akan terjadi dehidrasi. Mengingat akan hal tersebut, anda harus memberi ASI sebanyak mungkin kepada bayinya. Perlu anda ketahui juga, bahwa pemberian ASI yang banyak dapat menurunkan demam pada bayi.

  1. Bayi Harus Diberikan Pakaian Yang Berbahan Sejuk

Solusi kedua untuk mengatasi bayi rewel pasca imunisasi, yakni berikan pakaian yang berbahan sejuk. Sang bayi selalu rewel saat demam, dikarenakan ia merasa kegerahan. Dalam hal ini, anda tidak boleh memberikan pakaian yang berbahan tebal kepadanya. Pakaian yang berbahan sejuk dapat menyerap keringat dengan cepat, sehingga panas tubuhnya akan mudah turun.

  1. Kompres Tubuhnya Dengan Air Yang Hangat

Solusi ketiga untuk mengatasi bayi rewel pasca imunisasi, yakni kompres tubuhnya dengan air yang hangat. Tahukah anda ? bahwa air hangat ini dapat menurunkan demam pada bayi. Pasalnya, pori-pori kulit akan terbuka sehingga suhu panas tubuh akan mudah keluar.

  1. Coba Kompres Dengan Parutan Kentang

Soluis keempat untuk mengatasi bayi rewel pasca imunisasi, yakni mengompres telapak kakinya dengan parutan kentang. Berdasarkan dari hasil penelitian, kentang ini mengandung senyawa aktif yang berkhasiat untuk menurunkan suhu tubuh yang panas. Oleh karena itu, cobalah kompres telapak kakinya dengan parutan kentang. Mengenai cara membuatnya, siapkan kentang dan kupas kulitnya, lalu cuci dengan air sampai bersih. Setelah itu blender sampai halus kemudian masukan kedalam kaos kaki, lalu kenakan pada bagian telapak kaki bayi.

Itulah 4 solusi cara mengatasi bayi yang rewel pasca imunisasi. Dengan demikian, anda tidak perlu panik lagi saat sang buah hati demam pasca imunisasi ya. Oleh karena itu, hal diatas harus Anda coba.