Sejatinya, perkembangan gerak pada sang buah hati itu sudah dimulai ketika ia masih balita. Dengan bertambahnya usia, pergerakkan si kecil pun semakin lincah dan lebih agresif. Mulai dari tengkurap, merangkak, berdiri, berjalan, sampai berlari dengan kencang. Saat memasuki fase berjalan, bisa dikatakan bahwa ia belum sepenuhnya bisa menguasai keseimbangan tubuhnya. Itu sebabnya, mengapa si kecil kerap terjatuh pada saat mulai berjalan. Namun, selang beberapa tahun kemudian si kecil sudah bisa menjaga keseimbangan, sehingga ia mampu berjalan normal dan berlari kencang. Yang lebih hebatnya lagi, si kecil mulai tertarik dengan dunia olahraga.

Selain itu, dalam tahap ini juga sang buah hati akan memiliki sifat yang cenderung lebih aktif lagi alias tidak bisa diam. Bahkan, hal itu juga kerap merepotkan kita dalam mengawasinya. Meski demikian, bukan berarti kita sebagai orang tua tidak berkewajiban untuk mengarahkan perkembangan motorik anak. Lantas, bagaimana caranya ? Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut dibawah ini ada 6 tips cara melatih perkembangan motorik pada anak :

  1. Biarkan Anak Anda Bergerak Bebas

Apabila buah hati anda sudah mulai bisa berjalan biarkan ia untuk bergerak secara bebas, dalam artian jangan terlalu mencemaskannya. Dengan kata lain, kita sebagai orang tua hanya cukup mengawasinya saja. Para ahli perkembangan anak terkemuka menyarankan untuk tidak memberikan alat bantu seperti roda kepadanya, karena hal ini justeru akan membuat si kecil lebih manja dan tidak berani untuk berjalan sendiri.

  1. Latih Si Kecil Untuk Berjalan Mundur

Jika dirasa si kecil sudah lancar dalam berjalan, ada baiknya kita untuk meltihnya dalam berjalan mundur. Anda pun bisa memulainya dengan cara memutar musik Mp3, agar dengan sendirinya nanti sikecil akan berjalan maju mundur.

  1. Bawa Anak Anda Ketempat Terbuka

Dalam hal ini bertujuan untuk memperkenalkan si buah hati, terhadap alam disekitar lingkungannya. Biarkan si kecil untuk bermain-main ditaman atau juga ajak ia untuk bermain bola.

  1. Ajarkan Anak Anda Untuk Menari-nari

Dengan mengajarkan tarian kepada sang buah hati, maka kemampuan dalam pergerakkannya akan lebih meningkat. Lambat laun, sang anak akan mulai bisa melompat, meliuk-liuk, berputar, serta menjaga keseimbangan tubuhnya.

  1. Sesekali Ajak Anak Anda Ke Arena Bermain

Ada banyak wahana yang tersedia ditempat arena bermain, dimana beberapa jenis wahana tersebut dapat membantu dalam meningkatkan pergerakkannya seperti wahana memanjat, melompat, dan sebagainya. Dengan demikian, otot-otot kaki sikecil akan lebih kuat lagi.

Itulah 5 cara melatih perkembangan motorik pada anak, yang harus anda coba untuk diberikan kepada sang buah hati. Akhir kata cukup sekian dan selamat mencobanya.