Pada saat beli keperluan peralatan elektronik rumah tangga untuk kemudahan aktifitas di rumah dalam keseharian, tentunya penting untuk teliti. Sebab bisa jadi elektronik yang Anda beli mutu dan kondisinya tidak terlalu bagus sehingga mudah soak dan segera dijadikan rongsokan. Padahal bisa jadi sebelum elektronik ini rusak Anda belum sempat menabung banyak sehingga tidak langsung bisa membeli penggantinya. Supaya efisien usahakan sejak awal membeli elektronik yang mutunya baik.

Elektronik memang memiliki peran vital dalam kehidupan masyarakat modern karena memberi kepraktisan tersendiri dalam beraktivitas. Misalnya saja untuk menanak nasi, tidak perlu repot menjerang dandang sebab tinggal menekan tombol Magicom, maka dalam hitungan menit nasi sudah siap disantap. Begitu pula dengan aktifitas lainnya seperti memasak, mencuci, mengisi tandon air, dan sebagainya sudah memakai elektronik semua. Pada saat listrik padam sampai seharian dijamin kalap dan kebingungan.

Berhubung peran elektronik ini memang vital maka jangan melakukan kesalahan dengan belanja secara asal. Lebih-lebih saat belanja online karena tanpa bisa dicoba Anda berpeluang menjadi korban penipuan sebab bisa jadi tidak berfungsi normal saat diterima. Usahakan untuk teliti, tidak hanya saat order elektronik melalui situs belanja online saja melainkan juga toko offline. Salah satu caranya adalah dengan mencoba dulu elektronik tersebut sebelum dibayar dan diboyong pulang.

Alasan Perlu Dicoba Dulu di Toko

Saat beli keperluan peralatan elektronik jenis apapun memang idealnya dicoba dulu, kalau memutuskan membelinya di toko online maka mintalah garansi. Alasan berikut membuat tindakan mencoba elektronik menjadi sangat penting:

  1. Memastikan fisiknya tidak cacat,

Pada saat belanja elektronik maka pihak toko akan mengambilkan stock di gudang, bukan barang yang dipajang. Maka ketika mencobanya dulu di toko tersebut bisa sekalian mengecek kondisi fisiknya apakah mulus atau ada cacat. Perhatikan betul-betul agar sesampainya di rumah tidak kalap karena menjumpai cacat, misal goresan, kaki kulkas bengkok, dan sebagainya.

  1. Melihat elektroniknya sehat atau soak,

Elektronik menjadi salah satu barang dagangan yang memang wajib dicoba dulu sebelum dibeli, sebagaimana halnya saat membeli baju. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi elektronik tersebut apakah berfungsi normal atau sehat. Sebab tidak menutup kemungkinan barang yang dikirim ke toko dari pabriknya mengalami error selama masa produksi maupun distribusi. Kalau tidak dicek dikhawatirkan malah membeli elektronik rusak sehingga perlu bolak-balik tukar ke toko tersebut.

  1. Memahami cara instalasinya,

Tidak semua jenis elektronik pemasangan atau penggunaannya tinggal di colok, beberapa butuh prosedur tersendiri yang kadang lebih kompleks. Misalnya saja untuk perangkat AC atau mungkin pompa air, sehingga perlu dipahami mekanisme pemasangannya. Beberapa toko tidak memberi fasilitas mencoba untuk elektronik yang rumit instalasinya namun sebagai ganti memberi garansi yang lumayan lama. Tentunya bisa dipertimbangkan, namun kalau memungkinkan memang baiknya dicoba dulu supaya tidak melakukan kesalahan saat hendak digunakan.

  1. Mengetahui ciri saat terjadi kerusakan atau gangguan,

Pada saat dicoba oleh petugas toko elektronik Anda tentu perlu memperhatikan dengan betul-betul, supaya tidak ada yang terlewat. Salah satu alasan mengapa mencoba dulu menjadi penting selain mengecek berfungsi atau tidaknya. Adalah untuk mengetahui ciri-ciri kalau terjadi error, contohnya saat belanja kulkas. Ketika kulkas dicolokkan ke stop kontak dan bagian freezer tidak ada bagian yang mengeluarkan angin dingin. Maka dipastikan rusak, maka setiap beli keperluan peralatan elektronik dicoba dulu agar lebih tahu.